Analisis Sistem Manajemen Kinerja pada Varna Culture Hotel Surabaya

Authors

  • Gisti Riza Adistie Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Maulida Hirdianti Bandi Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29080/jai.v6i01.242

Keywords:

Metode Balanced Scorecard, Dimensi Perspektif, Manajemen Kinerja

Abstract

This research is to design performance measurement using the Balanced Scorecard method and to find out how much influence the performance measurement tools for the company. The design of the Balanced Scorecard method is based on four perspectives, namely financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and growth and learning perspective. This research is a qualitative exploratory study, because it requires research with in- depth interviews to obtain information about the performance management system that is implemented at the Varna Culture Hotel. The results of this study indicate that the performance measurement tool with the Balanced Scorecard method is basically a translation of the strategy and objectives to be achieved by the company in the long run, which is then measured and monitored on an ongoing basis. Therefore the Balanced Scorecard method is not only a translation of the strategy, but has become an important part in determining strategy and assisting the management of Varna Hotels in making decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atkinson, A., Kaplan, R., Matsumura, E., and Young, M. 2012. Akuntansi Manajemen Edisi kelima Jilid 2. Jakarta: PT INDEKS.

Arimbawa dan Putri, 2014. Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Dan Non Keuangan PT. BPR Dharmawarga Utama. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Didyk, 2010. “Analisis Kinerja Hotel Pita Maha A Tjampuhan Resort & Spa Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard”. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Effendi,rizal. 2010. Pengukuran Kinerja Sektor Publik Dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel). Volume 1.

Freddy, R. 2011. SWOT Balanced Scorecard (Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengeola Kinerja dan Risiko). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Handayani, Bestari Dwi. 2011. Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada RSUD Kabupaten Kebumen. Jurnal Dinamika Manajemen vol.2, No.1,2011. Semarang.

Marriot, Robert L. 2011. Human Resources Management. Jakarta: Salemba Empat.

Oemar, Abrar. 2010. Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik. Jurnal Universitas Pandanarang Semarang, Vol. 8 No.16 2010.

Pramadhani, Wahyu Eko. 2011. Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja Pada Organisasi Sektor Nirlaba (Studi Kasus pada Rumah Sakit Bhayangkara Semarang). Tesis. Universitas Dipenogoro.

Pratiwi, U. 2016. Balanced scorecard dan manajemen strategik. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 11(2).

Prastawa, H., Pujotomo, D., Arvianto, A., & Khoirunnisa, F. 2011. Sistem Pengukuran Kinerja Dengan Metode Performance Prism (Studi Kasus di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Teknik, 32(1), 25-33.

Rangkuti, Freddy. 2012. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: Gramedia.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Septianie. 2013. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Suatu Sistem Pengukuran Kinerja Pada Rumah Sakit Awal Bros Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. Bandung: CV Alfabeta. Sunyoto, Danang. 2013. Metode Penelitian Akuntansi. Cetakan Kesatu. Bandung: PT Refika Aditama.

Utama, Nizar Alif. 2012. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal. Universitas Brawijaya: Malang.

Downloads

Published

2020-10-02

How to Cite

Riza Adistie, G., & Hirdianti Bandi, M. (2020). Analisis Sistem Manajemen Kinerja pada Varna Culture Hotel Surabaya. Akuntansi : Jurnal Akuntansi Integratif, 6(1), 15–25. https://doi.org/10.29080/jai.v6i01.242