Apakah Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi?

Authors

  • Eny Maryanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sarwenda Biduri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Herlinda Maya K. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.29080/jai.v8i1.791

Keywords:

Profit Growth, Company Size, Profitability, Liquidity, Sales Level

Abstract

This study aims to examine whether firm size can moderate the relationship, profitability and level of sales to profit growth in consumption sector manufacturing companies listed on the Indonesian stock exchange for the 2018-2020 period. The sampling technique using purposive sampling obtained 11 companies that meet the research criteria. This research is a panel analysis of regression data using a eviews 12. The results showed that the model that was suitable for this study was to use commond effects compared to other models. The size of the company cannot be used as a moderating variable on the relationship between profitability, liquidity and sales growth on profit growth.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Maulina, Yuniorita Indah, and Nurshadrina Kartika. 2021. “Analisis Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Periode 2015 – 2019.” Jakuma?: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Keuangan 1 (2): 26–45. https://doi.org/10.31967/jakuma.v1i2.405.

Ainiyah, Ghonimah Zumroatun, and ; Titin Cahyaning Ratri. 2018. “Pengaruh Penjualan Dan Perputaran Persediaan Terhadap Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013-2017.” JURNAL MEDIKONIS STIE TAMANSISWA BANJARNEGARA 20: 10–27.

Ariyagraha, Nafilah Farahdiba, and Heru Suprihhadi. 2018. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 7 (8): 1–19. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1540.

As’ari, Andri Gunawan Putra, and Tri Kartika Pertiwi. 2021. “Rasio Fundamental Terhadap Pertumbuhan Laba?: Variabel Moderasi Ukuran Perusahaan.” Jurnal JISAMAR 5 (1): 261–70. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/382/264.

Diyanti, Normalinda, and Muhadjir Anwar. 2021. “Pengaruh Likuiditas Terhadap Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods Industry Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) 5 (3): 1286–97. https://drive.google.com/file/d/1ZaCgKT36RCRnTanwwcMvoDd0xVxbXcJP/view.

Fajar, Moch Ridwan dan Catur Martian. 2020. “Analisis Pertumbuhan Penjualan, Gross Profit Margin, Dan Shrinkage Terhadap Pertumbuhan Laba.” Jurnal Sain Manajemen 2 (2): 73–83. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbj.

Kusoy, Nurul Amalia, and Maswar Patuh Priyadi. 2020. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Rasio Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Laba. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi 9 (5): 1–20.

Meidiyustiani, Rinny, Retno Fuji Oktaviani, and Hakam Ali Niazi. 2021. “Analisis Profitabilitas, Likuiditas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018).” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus 2: 425–31.

Oktapiani, Ni Luh Made Wiwiek; Wiksuana2, I Gusti bagus. 2018. “Peran Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Penjualan Dalammemoderasi Pengaruh Struktur Modal Terhadap Profitabilitas” 7 (3): 1195–1221.

Petra, berta agus. 2020. “Pengaruh Ukuran Perusahaan , Current Ratio Dan Perputaran Persediaan Terhadap Pertumbuhan Laba.” Jurnal Online Insan Akuntan 5 (2): 197–214.

Rahayu, Pika Dwi, and Sonang Sitohang. 2019. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pertumbuhan Laba.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 8 (6): 1–18.

Rahmad Syafril. 2020. “Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas terhdap Pertumbuhan Laba. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 9 (6): 1–6.

Rice, Agustina. 2016. “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 6 (01): 85–101.

Rudikson, Rudikson, Muslimin Muslimin, and Muhammad Faisal. 2018. “Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage Dan Aktivitas Terhadap Pertumbuhan Laba Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Bei.” Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) 4 (2): 151–58. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i2.116.

Rukmawanti, Lita, Enas Enas, and Marlina Nur Lestari. 2019. “Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Suatu Studi Pada PT . Indofood Sukses Makmur Tbk Tahun 2008-2017).” Business Management and Entrepreneurship Journal 1 (2): 158–73.

Sihura, Maria Majesty, and Romasi Lumban Gaol. 2016. “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Retail Di BEJ” 2 (2): 191–210.

Sintyana, I Putu Hendra, and Luh Gede Sri Artini. 2018. “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8 (2): 757. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i02.p07.

Sulia, Hidayat Akmal, and Agustin Eliasta Ginting. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 – 2018 ” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2 (1): 205–15. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i1.60.

Downloads

Published

2022-07-10

How to Cite

Maryanti, E., Biduri, S., & K., H. M. (2022). Apakah Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi?. Akuntansi : Jurnal Akuntansi Integratif, 8(1). https://doi.org/10.29080/jai.v8i1.791