Atribut Produk Instriksik Dan Ekstrinsik Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Membeli Produk Camilan Khas Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.15642/manova.v2i2.193Keywords:
Atribut Produk, Camilan, MalangAbstract
Produk camilan khas merupakan produk yang menampilkan ke khasan suatu daerah selain harus tetap mempertahankan keunggulan bersaingnya sebagai suatu produk makan, dalam menciptakan keunggulan bersaing produknya produsen camilan khas malang perlu mengetahui atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk khas malang sehingga produk tersebut memiliki karakteristik yang dapat ditonjolkan dan menjadi sebuah keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Atribut produk intrinsik (desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan) yang di pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang, atribut produk ekstrinsik (kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, bentuk) yang di pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang dan menjelaskan atribut produk yang paling dipertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Kota Malang. Penelitian menggunakan metode penelitian
explanatory survey. Di toko tempat penjualan camilan khas Malang di kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 140 orang responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Confirmatory Faktor Analysis (CFA).Temuan penelitian ini ketujuh atribut produk intrinsik yang terdiri dari: kandungan gizi, tekstur, kelezatan, rasa, aroma, warna, dan bentuk serta ketujuh atribut produk ekstrinsik yang terdiri dari: desain, merk, label, harga, polusi terhadap lingkungan, bersih, dan kemasan merupakan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih produk camilan khas Malang. Serta atribut sensori (rasa dan aroma) merupakan atribut yang paling di
pertimbangkan konsumen dalam memilih produk camilan khas Malang.
Downloads
References
Alma, B. 2004.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cooper, Donald R., and Pamela, Schlinder. 2003. Business ResearchMethodes. North America: Seventh Edition, Mc Graw-HillInternational.
C.M. Lingga Purnama, MM. (2002). Strategic Marketing Plan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Espejel, et. al. 2007. The role of intrinsic and extrinsic quality attributes on consumer behaviour for traditional food products. Journal of Managing Service Quality. Vol. 17 No. 6, pp. 681-701
Fandos, Carmina & Flavia´n, Carlos. 2006. Intrinsic and extrinsic quality attributes, loyalty and buying intention: an analysis for a PDO product. Journal of British Food Journal. Vol. 108 No. 8, pp. 646-662
Ferdinand, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ferrinadewi, E & Darmawan, D. 2004.Perilaku Konsumen: Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Ferrinadewi, Erna. 2005. Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No. 2, 139-151
Gitosudarmo, I. 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Ghazali, Imam. 2005. Structural Equation Modeling: Teori,konsep dan Aplikasi dengan program Lisrel. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ghazali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hadi, S. 2004. Metodologi Rasearch. Yogyakarta: Andi.
Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran: Edisi Milenium. Jilid 1.Terjemehan Oleh Teguh dan Rony A. Rusli. 2002. Jakarta: PT Prenhalindo.
Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran: Edisi Milenium. Jilid 2.Terjemehan Oleh Teguh dan Rony A. Rusli. 2002. Jakarta: PT Prenhalindo.
Kotler.P. & Armstrong, G. 2003.Prinsip-Prinsip Pemasarn Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kerlinger, Fred N. Asas-asas Penelitian Behavorial. 2003. Yogyakarta: Gajahmada University Press.
Lupiyoadi, R. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek 1. Jakarta: Salemba
Empat.
Malhotra, Naresh K. Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Jilid 1. 2005. Klaten: PT.INDEKS
Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai.Jakarta : LP3ES.
Moh. Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Cetakan ketiga, GhaliaIndonesia.
Porter, Michael E. 2007. Strategi Bersaing (competitive strategy). Terjemahan. Tangerang: Karisma Publishing Group.
Schiffan & Kanuk. 2000. Consumer Behavior. New Jerssey: Prentice Hall
Sunarto. 2003. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: AMUS Yogyakarta dan CV Ngeksigondo Multisarana Utama.
Sugiyono. 2004. Metode Peneltian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.
Swastha, B. & Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, F. 1998. Stategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Widayat. 2004. Metode Penelitian Pemasaran: Aplikasi Software SPSS.Malang: UMM Pess.
Wood, Lisa. 2007. Functional and symbolic attributes of product selection. Journal of British Food Journal. Vol. 109 No. 2, pp. 108-118.
Zhang, Zhimin. 2002. Casual Wear Attributes: A Chinese Consumers’ Perspective. Journal of Fashion marketing and management. Vol. 6 No. 1, pp. 53-62
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 MANOVA ( Jurnal Manajemen dan Inovasi )
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.