Pengembangan Model Pemasaran Layanan Uinsa Halal Center (UHC) Untuk Mendukung Peningkatan Pendapatan Bisnis Kampus

Authors

  • Hanafi Adi Putranto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/manova.v2i2.195

Keywords:

Marketing, Model, Halal

Abstract

Fenomena produk halal dan disahkannya Undang-Undang terkait Jaminan Produk Halal menjadi tren industri halal. Dengan diterbitkannya regulasi tersebut, banyak perguruan tinggi yang mendirikannya untuk mengakomodir kepentingan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk pengembangan model pemasaran di UINSA Halal Center. Usaha yang dilakukan pengelola lembaga dengan pengembangan model pemasaran yang berafiliasi terkait produk layanan halal yang tersedia. Dari sisi pemasaran, perlu pengembangan model pemasaran yang inovatif untuk menyokong berjalannya proses bisnis tersebut. Pada penelitian ini pengembangan model pemasaran diketahui dari hasil pengumpulan data-data observasi yang terperinci. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh langsung dari wawancara. Hasil dari penelitian sebagai berikut: (1) Tersedianya peralatan, fasilitas dan sumber daya manusia yang dibutuhkan UINSA Halal Center. (2) Model pemasaran layanan UINSA Halal Center yang sesuai dalam mendukung peningkatan pendapatan kampus melalui; Pemasaran berbasis layanan kebutuhan pokok dan Pemasaran berbasis layanan bahan baku. (3) Kolaborasi bisnis menjadi role model antar lembaga/unit di UIN Sunan Ampel Surabaya untuk peningkatan pendapatan kampus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyani, Yuni, ” Potensi Industri Halal Indonesi Besar, Kenapa Tertinggal?” dalam www.Kompasiana.com. Diakses tanggal 8 Mei 2018.

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif.( Jakarta: PT Raja. Grapindo Persada, 2007)

Gunara, Thorik, dan Utus Hardiyono, Marketing Muhammad (Bandung: Madnia Prima, 2002)

Hasan, Ahmad, Ahmad Fazullah, Abdul Jalil Borham, Husna Hasyim, Munira Abd Razak, 2011, Jurnal, International Journal of Arts & Sciences Malaysia. Dapat diakses pula melalui laman Pdf ump.edu.my

Hermawati, Kartini, Penelitian, diakses melalui laman Dpace.uii.ac.id

Kertajaya, Hermawan, Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing ( Jakarta: Mizan Pustaka, 2016)

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran (Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang, 2002)

Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), (Jakarta: Rosda 2000)

Priyadi, Unggul, Nur Kholis, dan Hendrik , 2014, Jurnal al-Millah: Jurnal Studi Agama UII Yogyakarta No. 14 Vol (1), tahun 2014. Dapat diakses pula melalui jurnal uii.ac.id.

S Soesilowati, Endang, Jurnal Ilmu Sosial dan Kemanusiaan Indonesia, Vol 3, hal 151-160. Dapat diakses pula melalui website Doace.libarry.uu.nl.

Salehudin, Imam, dan Basuki Mukhlish, 2012, Penelitian Kolektif. Dapat diakses pula melalui laman Pdf. Academia.edu

Suprayogo, Imam dan Tobroni, Metode Penelitian Sosial Agama,( Bandung:Remaja Rosda Karya)

Sutopo, Metode Penelitian Kualitatif. (Surakarta: UNS Press.1996 )

Zupita, Cyintia, 2015, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Dapat diakses pula melalui Repository.uin-suska.ac.id

Downloads

Published

2019-12-13

How to Cite

Putranto, H. A. (2019). Pengembangan Model Pemasaran Layanan Uinsa Halal Center (UHC) Untuk Mendukung Peningkatan Pendapatan Bisnis Kampus. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 2(2), 79–91. https://doi.org/10.15642/manova.v2i2.195

Issue

Section

Articles