Audit Pemasaran Di Badan Usaha Milik Desa “X” Kabupaten Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.15642/manova.v4i1.386Keywords:
Audit pemasaran, Strategic Marketing Plus 2000, Company Alignment ProfilAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi dari hasil audit pemasaran Badan Usaha Milik Desa “X”melalui perbandingan Competitive Setting Profil dengan Company Alignment Profil. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan audit strategi marketing plus dengan melakukan perbandingan nilai Company Alignment Index (CAI) dan Competitive Setting Index (CSI). Hasil perbandingan CSI lebih besar dari CAI menjelaskan bahwa Badan Usaha Milik Desa “X” tetap dan fokus untuk lingkup Marketing Oriented dengan langkah; 1. Market Effective, dalam hal ini BUMDes mempunyai strategi yang efektif guna mencapai tujuannya. Perlu diperhatikan juga dalam optimalisasi penjualan pemasarannya. Jika produk dan jasa yang dimiliki BUMDes lebih fokus dan efektif sasarannya kepada konsumen di lingkup BUMDes tersebut. Dalam hal ini masyarakat desa setempat sebagai sasaran pasarnya. 2. Product Differentiation, adanya pembeda dalam produk atau jasa yang dimiliki BUMDes dengan lainnya. Hal ini diperlukan untuk memperoleh perhatian dari konsumen terkait dari manfaat, desain, harga, kualitas, pelayanan produk atau jasa BUMDes tersebut. 3. Balanced Promotion, diperhatikan bahwa dalam aktivitas promosi juga membutuhkan keseimbangan biaya. Kegiatan promosi produk dan jasa BUMDes yang tinggi memerlukan biaya yang tinggi. Sehingga dibutuhkan aktivitas promosi yang efektif namun juga tepat sasaran ke konsumen.
Downloads
References
Cahyani, E. D., & Ishak, Asmai. (2005). Audit Pemasaran Berdasarkan Strategic Marketing Plus 2000 CV. Morinda House Bogor. Sinergi: Kajian Bisnis dan Manajemen.
Cooper., Donald R, & Pamela S., Schindler, (2006). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Media Global Edukasi
Hendri., (2000). Analisis Audit Pemasaran Dengan Strategic Marketing Plus 2000: Studi Kasus Pada PT Khi Pipe Industries. Tesis. Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta
Kotler, P., Gregor, W., & Rodgers, W. (1977). MARKETING AUDIT COMES OF AGE. Sloan Manage Rev.
Kartajaya, Hermawan. (1995). Marketing Plus 3. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kartajaya, Hermawan. (2000). Audit Pemasaran Berdasarkan Strategi Marketing Plus 2000. Yogyakarta: UGM
Shaw, T.N. (2008). A Discriminant Model for Assessment of Prospective Entrepreneurs for Financing and Success of Entrepreneurial Venture. Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability. 4(1): 69-82
Serrat, O., & Serrat, O. (2017). Marketing in the Public Sector. In Knowledge Solutions. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0983-9_16
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taghian, M., & Shaw, R. N. (2008). The marketing audit and organizational performance: An empirical profiling. Journal of Marketing Theory and Practice. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679160406
Tjiptono., F, & Chandra., G. (2012). Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Hanafi Adi Putranto, Hastanti Agustin Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.