Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Karyawan Commanditaire Vennootschap Dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerjanya

Authors

  • Khoirul Umam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Yunan Atho'illah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.15642/manova.v4i1.387

Keywords:

Efektivitas Kinerja., Karyawan Commanditaire Vennootschap, Strategi Pengembangan, Sumber Daya Manusia,

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Karyawan Comanditaire Vennootschap (CV) Dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerjanya, pada kasus CV. Barokah Jaya Hikmah, Tambakrejo, Waru, Sidoarjo dan merupakan hasil penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas kinerja yang dilakukan oleh perusahaan serta peran strategi dalam meningkatkan efektivitas kinerja karyawan di CV. Barokah Jaya Hikmah Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif sehingga data yang didapatkan peneliti dari CV. Barokah Jaya Hikmah Sidoarjo. Observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan pihak perusahaan CV Barokah Jaya Hikmah. Serta literatur pendukung yang dianggap relevan terhadap penelitian yang diangkat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas kinerja karyawan di CV. Barokah Jaya Hikmah Sidoarjo, dengan strategi pendampingan dikatakan efektif dan berjalan sesuai dengan yang di harapkan oleh perusahaan. Dalam hal ini perusahaan mengukur efektifitas dari peran strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas kinerja karyawan dari pendapatan yang mengalami peningkatan. Saran untuk CV. Barokah Jaya Hikmah Sidoarjo, melakukan peninjauan ulang terhadap strategi pengembangan sumber daya manusia yang diterapkan serta melakukan penilaian terhadap karyawan agar efektivitas kinerja sesuai dengan target perusahaan serta melakukan evaluasi kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aruperes Dinny M., Dkk, (2018). Strategi Manajemen Sumber Manusia Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Karyawan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Bitung. Jurnal EMBA, 6(4): 23.

Darmawan, I. (2006). Pembangunan Manusia Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Jurnal Economia, 2(1): 1-11.

Ebel, R.L. & Frisbie, D.A. (1991). Essential Of Educational Measurement (5th Edition). New Delhi: Prentice-Hall, Inc.

Irma Ernawati, Muhammad Darwis Dan Muh. Nasrullah (2017). Efektivitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kec. Pallangga Kab. Gowa. Jurnal Official, 3(1):14.

https://kemenperin.go.id/direktori-perusahaan?what=Plastik&prov=32&hal=4 , 25 Maret 2020 : 21.30 WIB.

https://www.pinterpandai.com/pengertian-pt-cv-firma-ud-bumn-kopersai-yayasan/ 21 Maret 2020 : 21.30 WIB.

Moh. Nazir,(2005). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia,63.

Mutia Windi Astuti, Eri Bukhari, (2018). Analisis Kinerja Pegawai PT Investama. Jurnal:Risset Manajemen Sains Indonesia, 9(1):25.

Nurul Khurotin, Tri Wulida Afrianty. (2018). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia PT. Beon Intermedia Cabang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1): 196.

Nurlina T. Muhyiddin, Dkk, (2017). Metode Penelitian ekonomi Dan Sosial. Jakarta: Salemba Empat, 28.

Paulina,(2016). Efektivitas Kinerja Karyawan Pegawai Pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang Rayon Dinoyo Untuk Mewujudkan Pelayanan Prima. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(1): 59.

Qustolani, H. Asep (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja, Keadilan Prosedural Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal: Ilmu Manajemen & Akuntansi, 4(2):81.

Sigit Setioko, (2018). Toropong Aspirasi Politik Islam. Jurnal Tapis, 14(2):19.

Sugiono, (2008). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 243.

Suharismi Arikunto, (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta,129.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Umam, K., & Atho’illah, Y. (2021). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Karyawan Commanditaire Vennootschap Dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerjanya. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(1), 68–83. https://doi.org/10.15642/manova.v4i1.387

Issue

Section

Articles