Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Perspektif Islam Menggunakan Metode Analisis SWOT Halal Tourism
(Studi Pada Destinasi Bromo Tengger Tosari Pasuruan)
DOI:
https://doi.org/10.15642/manova.v4i2.414Keywords:
Strategi, pengembangan pariwisata, analisis SWOTAbstract
Obyek wisata Bromo Tengger memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Namun potensi yang tinggi kurang didukung oleh kemudahan akses untuk mencapai lokasi tersebut. Pada kenyataannya jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara masih sangat rendah bila dibandingkan dengan obyek wisata lain yang ada di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Mixed Method (kuantitatif dan kualitatif). Peneliti akan menggambarkan tentang keadaan lapangan dengan tujuan untuk menemukan formulasi strategi pengembangan pariwisata dengan menggunakan analisis SWOT yang meliputi : Strength , Weakness , Opportunity dan Threat yang dapat dianalisis secara komprehensif. Dari hasil analisis IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Factors Analysis Summary) diperoleh gambaran bahwa “ Destinasi Bromo Tengger dipandang memiliki daya kompetitif yang rendah untuk menghadapi ancaman dari destinasi wisata lainnya. Oleh karena itu strategi yang bisa diterapkan adalah melakukan strategi defensif yang memfokuskan pada pasar wisata. Langkah yang perlu diambil diantaranya adalah lebih meningkatkan promosi dan informasi tentang kawasan Bromo Tengger sebagai kawasan destinasi 10 pengembang prioritas (Tourism Branding Wonderful Indonesian). dan mengusulkan dalam agenda program wisata tahunan , memperbaiki sarana dan prasarana infrastuktur (assesibilitas) dan transportasi (amenitas) , serta mengenalkan atraksi budaya.
Downloads
References
Adityaji Rizki, Juni (2018). Formulasi Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT : Studi Kasus Kawasan Pecinan Kapasan Surabaya. Jurnal Pariwisata Pesona. Volume 03, No. 1
Azizah, A (2017). Tourism Development And Strategy For Increasing Numbers Of Visitors In Kedir. Journal Of Indonesia Tourism And Development Studies. 5 (2), 131-136. Https://doi.org/10.21776/ub.jitode. 2017.005.02.09
Butowski. L (2010). Tourism As Development Factor In The Light Of Regional Development Theories. Tourism, 20 (1), 5-10. Https://doi.orang/10.2478/u10106-010-0001-1
Chang. H & Huang. W. C (2006). Application Of A Quantification Swot Analytical Method. Mathematical And Computer Modelling. 43 (1-2). 158-169. Https://doi.org/10.1016/j.mcm.2005.08.016
Cholik. M. A (2007). The Development Of Tourism Industry In Indonesia : Current Problems And Challenges. European Journal Of Research And Reflection In Management Sciences, 5 (1) 49 – 59
Dyson. R. G, ( 2004 ). Strategic Development And SWOT Analysis At The University Of Warwic, European Journal Of Operation Research. 152 ( 3 ), 631 – 640. Https : // doi.org/10.1016/SO377-2217 (03 ) 00062-6
Lovangrath. P & Rewtrakunphaiboon. W (2013). Determination Of A Minimum Sample Size For Film-Induced Tourism Research Silpakorn 70 Th Aniversary International Conference 2013 At Bangkok, Thailand, (July), 1-15. Https://doy.org/10.13140/2.1.2090.5605
Lovangrath. P ( 2014 ). Sample Size Determination For Non-Finite Population. Internasional Conference On Discrete Mathematics And Apptied Sciences At Bangkok, Thailand, (may). 1-24.Https://dio.org/10.13140/2.1.4785.7286
Nurfadilah Afsari Khairunisa, ( 2017 ). Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Pangandaran ( Studi Kasus Di Kabupaten Pangandaran ). Bandar Lampung: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Bandar Lampung
Pemerintah Kabupaten Pasuruan (2017). Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan No : 25 Tahun 2017 Tentang Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pasuruan Tahun ( 2018-2023) Pasuruan. Retrieved From. Https://jdih. Pasuruan. Go. Id/pdfdoc/perda-419 pdf
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development. Bandung : ALFABETA
Sunaryo, Bambang, 2013. Kebijakan Pemmbangunan Destinasi Pariwisata Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia. Yogyakarta : Gava Media
Suwantoro, Gamal, 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta : ANDI
Yoeti, Oka, 2006 : Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung : Angkasa
Yoeti, Oka, 2008. Strategi Pemasaran Wisata. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Yoeti, Oka, 2000. Pemasaran Pariwisata Terpadu, Bandung : Angkasa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Lailatul Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.