Strategi Bersaing UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus UMKM Arusmaya Tuban)

Authors

  • Aniswatun Masruroh UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Sindy Marchelia Putri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Budi Ichwayudi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Agus Solikin

DOI:

https://doi.org/10.15642/manova.v6i1.595

Abstract

Usaha dibidang desain saat ini memiliki potensi pasar yang cukup besar di situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang.  Namun dengan banyaknya pelaku usaha dibidang jasa desain menunjukkan adanya persaingan yang ketat. Untuk dapat berkembang dan bersaing diperlukan analisis dan strategi yang tepat.  Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis situasi lingkungan internal dan ekstenal beserta alternatif strategi yang dapat digunkana oleh UMKM Arusmaya. Penelitian ini menggungana metode kualitatif deskriptif terhadap SWOT dengan sumber data sekunder dan primer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan UMKM Arusmaya Berdasarkan klasifikasi pada tabel IFE dan EFE diketaui bahwa skor untuk faktor internal adalah sebesar 3,02 dan skor untuk faktor eksternal adalah sebesar 2,58 diatas rata-rata 2,50 yang berarti bahwa kondisi UMKM Arusmaya masuk dalam kategori baik. Selain itu hasil juga menunjukkan UMKM Arusmaya dapat menggunakan kekuatan dan peluang menjadi sebuah strategi yang dapat meningkatkan bisnisnya. Serta ancaman dan kelemahan jika dianalisis dapat diatasi dan bisa menjadi sebuah strategi yang menguntungkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, E. S., Ramadhani, S., & Cahyadi, T. W. (2019). STRATEGI BERSAING TERKAIT DENGAN ERA 4.0 DALAM PRODUK UKM (Kasus Pada UKM Teknik Rotan H. Muhid Hulu Sungai Utara). Inovatif, 77.

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN. Jurnal Psikologi, 215.

Dr. Mgs. H. Nazarudin, M. (2020). Manajemen Strategik. Palembang: CV. Amanah.

Fatimah, F., & Tyas, W. M. (2020). Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat. JURNAL PENELITIAN IPTEKS, 245.

Fatimah, F., & Tyas, W. M. (2020). Strategi Bersaing Umkm Rumah Makan Di Saat. JURNAL PENELITIAN IPTEKS, 245.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 112.

Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). STRATEGI BERSAING PRODUK UKM LUNPIA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FIVE FORCES PORTER DAN SWOT . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3.

Rokhaenisza, P. A., & Madiawati, P. N. (2018). PENGGUNAAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI. e-Proceeding of Management, 11664.

Sari, D. A., & Suprapto, R. (2018). STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING UMKM PENGOLAHAN IKAN MELALUI ANALISIS SWOT. Journal Of Management & Business, 111.

Sunaryo, & Rusdarti. (2017). Analisis SWOT untuk Menetapkan Strategi Bersaing Pada PT. Tarindo. Economics Development Analysis Journal, 89.

Wahidah, I., Septiadi, M. A., Rafqie, M. A., Hartono, N. S., & Athallah, R. (2020). Pandemik Covid-19: Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), 182.

Yuniarti, L., & Hidayat, W. (2017). ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA UKM LAUNDRY. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Aniswatun Masruroh, Putri, S. M., Ichwayudi, B., & Solikin, A. (2023). Strategi Bersaing UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus UMKM Arusmaya Tuban). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 6(1), 1–14. https://doi.org/10.15642/manova.v6i1.595

Issue

Section

Articles