Mediasi Sikap Konsumen Pada Pengaruh Green Product, Green Advertising, Green Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Organik

Authors

  • Muhammad Rafli Hidayah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Dyah Sugandini Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Wisnalmawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Keywords:

green product, green advertising, green brand trust, sikap konsumen, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green product, green advertising, green brand trust yang dimediasi sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk makanan organik. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 100 konsumen susu greenfields di Hypermart Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan alat analisis SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa: 1) green brand, green advertising dan green brand trust berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, 2) green brand, green advertising dan green brand secara langsung berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian yang dimediasi sikap konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almaulidta, A., Suharyono, & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Green Brand terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Strata 1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Menggunakan Produk Elektronik Merek Sony). Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1).

Ankit, G., & Mayur, R. (2013). Green Marketing: Impact of Green Advertising on Consumer Purchase Intention. Advances in Management, 6(9).

Banerjee, S., Gulas, C. ., & Iyer, E. (1995). Shades of Green: A Multidimensional Analysis of Environmental Advertising. Journal of Advertising, 24(2).

Braimah, M., & Tweneboah-Koduah, E. Y. (2011). An Exploratory Study of the Impact of Green Brand Awareness on Consumer Purchase Decisions in Ghana. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 5(7), 11–18.

Cahyani, N. L. T. H., & Wardana, I. M. (2017). Peran Green Trust dalam Memediasi Pengaruh Green Product Perception terhadap Green Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(6), 2933–2966.

Chen, Y.-S. (2009). The Drivers of Green Brand Equity: Green Brand Image, Green Satisfaction, and Green Trust. Journal of Business Ethics, 93(2).

Chen, Y., & Chang, C. (2012). Enhance green purchase intentions. Management Decision, 50(3), 502–520. https://doi.org/10.1108/00251741211216250

D’Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., & Peretyatko, R. (2006). Green Products and Corporate Strategy: An Empirical Investigation. Society and Business Review, 1(2).

Dauhan, R., Efendi, E., & Suparmono. (2014). Efektifitas Sistem Akuaponik dalam Mereduksi Konsentrasi Amonia pada Sistem Budidaya Ikan. e-Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan, 3(1), 297–301.

Geisser, S. (1974). A Predictive Approach to the Random Effects Model. Biometrika, 61(1), 101–107.

Handayani, N. T. (2012). Pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Green Product Sepeda Motor Honda Injection. Management Analysis Journal, 1(2), 1–2.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prentice Hall.

Kotler, Philip, & Lee, N. R. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and your Cause. Hoboken: Wiley.

Kotler, Phillip, & Armstrong, G. (2001). Prinsip–Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip, & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lanasier, E. V. (2002). Perilaku konsumen hijau Indonesia: tinjauan sudut demografi danpsikografi. Media Riset Bisnis dan Manajemen, 2(2), 89–111.

Lee, S., Illia, A., & Lawson-Body, A. (2011). Perceived Price Fairness of Dynamic Pricing. Industrial Management & Data Systems, 111(4).

Liang, Q., & Chaipoopirutana, S. (2014). Study offactor affecting Customer’s Attitude toward Intentionto Purchase green Electronic products at an IT Mall in Beijing, China. International Conference on Business.Law and Corporate Social Responsibility.

Manongko, A. (2011). Green Marketing dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Membeli Produk Organik (Studi pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado). Universitas Brawijaya.

Octaviany, R. P. (2016). Pengaruh Green Perceived Value dan Green Perceived Risk Terhadap Green Trust dan Green Purchase Intention (Green Marketing): Studi Kasus pada Konsumen Lemari Es Merek LG di Kota Semarang. Universitas Dian Nuswantoro.

Praharjo, A., Suharyono, & Wilopo. (2013). Pengaruh Green Advertising terhadap Persepsi Tentang Green Brand dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2010/2011 Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasan Merek Ades). Jurnal Universitas Brawijaya, 4(2), 1–9.

Prakash, A. (2002). Green Marketing, Public Policy and Managerial Strategies. Business Strategy and the Environment, 11(5).

Pratama, B. T. N. (2014). Pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Supermarket Superindo cabang Metro Bandung). Universitas Komputer Indonesia.

Pujari, D., Wright, G., & Peattie, K. (2003). Green and Competitive Influences on Environmental New Product Development Performance. Journal of Business Research, 56.

Purnama, J. (2014). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan, Atribut Merek Hijau, Iklan Peduli Lingkungan dan Persepsi Harga Premium terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK The Effect of Green Product, Green Brand Attribute, Green Advertising and Premium Price Perception on Purcha. Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, Y., & Suparna, G. (2014). Peran Kebiasaan Membaca Label Dalam Memediasi Pengaruh Variabel Demografi Terhadap Niat Membeli Produk Hijau Merek Natur-E Di Kota Denpasar. E-Journal Universitas Udayana, 3(4), 975–987.

Ramadhan, M. A. F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ekolabel (Studi Pada Produk PT Ultrajaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 57(1).

Rao, P. (1996). Measuring consumer perception through factor analysis. THe Asian Manager, 28–32.

Rath, R. C. (2013). An Impact of Green Marketing on Practices of Supply Chain Management in Asia: Emerging Economic Opportunities and Challenges. International Journal of Supply Chain Management, 2(1).

Remedios, R. (2012). Green Product: A Move Towards Sustainable Business Practice. International Journal of Management Research and Review, 2(3).

Ridlo. (2010). Apa Makanan Organik Itu? Diambil dari GO ORGANIC website: http:-//sehat-organik.com/makanan organik/apa-makanan-organik itu.html

Sekaran, U. (2007). Research Method For Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Shrum, L. J., McCarty, J. A., & Lowrey, T. M. (1995). Buyer Characteristics of The Green Consumer and Their Implications for Advertising Strategy. Journal of Advertising, 24(2).

Squires, G. (2002). Management as a professional discipline. Journal of Management Studies, 38(4).

Stone, M. (1974). Cross-Validatory Choice and Assessment of Statistical Predictions. Journal of the Royal Statistical Society, 36(2), 111–147.

Suprapto, B., & Wijaya, T. (2012). Intention of Indonesian Consumers on Buying Organic Food. International Journal of Trade, Economics and Finance, 3(2), 114–119.

Tias, R. A. (2013). Analysis The Influence On Green Advertising And Green Product To Consumer Involvement And Affect Purchasing Decision Of Ades Mineral Water. Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah.

Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Waskito, J. (2014). Model Meningkatkan Niat Pembelian Konsumen Pada Produk Ramah Lingkungan. Seminar Nasional dan Call for Paper, 20–31.

Yamin, S. (2011). Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling. Jakarta: Salemba Infotek.

Zinkhan, G. M., & Calrson, L. (1995). Green Advertising and The Reluctant Consumer. Journal of Advertising, 24(2).

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Hidayah, M. R., Sugandini, D., & Wisnalmawati. (2022). Mediasi Sikap Konsumen Pada Pengaruh Green Product, Green Advertising, Green Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Organik . Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 5(2), 46–62. Retrieved from http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/MANOVA/article/view/841

Issue

Section

Articles