Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Gaya Hidup dan Ewom terhadap Minat Beli Konsumen pada Kedai Gusti Ponorogo

Authors

  • Wayan Wijaksono wijakwayan@gmail.com
  • Adi Santoso Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Eka Destriyanto Pristi Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.15642/manova.v5i2.861

Keywords:

Ewom, Gaya Hidup, Keragaman Produk, Minat Beli

Abstract

Dewasa ini industri food and beverages semakin bekembang, karena bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya permintaan konsumsi. Salah satu yang menjadi bagian industri tersebut adalah kopi, dimana masyarakat gemar sekali minum kopi. Dewasa ini di masyarakat tidak bisa luput dari namanya minum kopi, mulai dari yang masih pelajar, hingga orang dewasa juga tidak luput dari kebiasaan ini. Tingkat konsumsi yang tinggi serta diiringi dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang bisa lepas dari kopi, tentu ini membuat industri kopi makin tumbuh dan berkembang. Saat ini mulailah muncul banyak kedai kopi untuk memenuhi kebutuhan ngopi masyarakat, disisi lain kedai kopi tersebut harus tahu apa yang dapat menarik minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh keragaman produk, gaya hidup dan electronic word of mouth terhadap minat beli konsumen pada Kedai Gusti Ponorogo. Peneliti menggunakan sampel sejumlah 75 responden yang merupakan konsumen Kedai Gusti Ponorogo dengan menggunakan teknik pengambilan yaitu accindental sampling. Adapun dalam menganalisis data – data yang diperoleh memakai uji validitas, uji reabilitas, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Alat analisis datanya menggunakan regresi linear berganda. Semua data – data tersebut diolah menggunakan SPPS versi 25. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu keragaman produk, gaya hidup dan electronic word of mouth masing – masing secara parsial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada Kedai Gusti Ponorogo. Keragaman produk, gaya hidup dan electronic word of mouth secara simultan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada Kedai Gusti Ponorogo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, M. W. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Kenyamanan Pemakaian dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Helm KYT di Jakarta Utara/Muhamad Willy Adam/24150532/Pembimbing: Bilson Simamora.

Arsyanti, N. M., & Astuti, S. R. T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 291–301. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13957/13493

Cappelletti, S., Daria, P., Sani, G., & Aromatario, M. (2015). Caffeine: cognitive and physical performance enhancer or psychoactive drug? Current Neuropharmacology, 13(1), 71–88.

Darni. (2019). Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Giant Ekspres Cabang Alauddin Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiiyah Makassar, 110.

Firdayulia, A., & Jamiat, N. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Toko Kopi Tuku. EProceedings of Management, 8(2).

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2013). e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.

Hanadian, N. W. (2021). Total Coffee Consumption in Indonesia From 1990 to 2020 (In 1,000 60kg Bags). Statista. https://www.statista.com/statistics/314982/indonesia-total-coffee-consumption/#statisticContainer

Liwe, F. (2013). Kesadaran Merek, Keragaman Produk, Dan Kualitas Produk Pengaruhnya Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Di Kentucky Fried Chicken Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Prastyo, N. A. (2018). PENGARUH E-WOM (Electronic Word of Mouth) DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA ONLINE SHOP. Universitas Muhammadiyah Jember.

Putri, Y. A. (2019). Pengaruh bauran promosi dan gaya hidup terhadap minat beli pada kedai kopi serasi. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(2), 137–144.

RACHMA, W. (2021). Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Store Image Terhadap Minat Beli di Coffee shop Minum Kopi Medan. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol. 3). Prenada Media.

Shafira, A., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser dan Keinovatifan Produk Terhadap Keputusan Pembelian, Serta Citra Merek dan Nilai Utilitarian Sebagai Variabel Intervening.(Studi Pada Pengguna Provider Seluler XL di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 46–60.

Vici, V. Y. (2018). Pengaruh Harga, Gaya Hidup dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Masyarakat pada Pasar Tradisional Petisah di Medan (Studi pada Calon Konsumen dan Konsumen Pakaian Wanita).

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Wijaksono, W., Santoso, A., & Pristi, E. D. (2022). Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Gaya Hidup dan Ewom terhadap Minat Beli Konsumen pada Kedai Gusti Ponorogo. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 5(2), 63–75. https://doi.org/10.15642/manova.v5i2.861

Issue

Section

Articles