ANALISIS KESEHATAN BANK SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC (RISK PROFILE, GOVERNANCE, EARNINGS AND CAPITAL) DALAM MENJAGA STABILITAS KESEHATAN PADA PT. BANK BNI SYARIAH TAHUN 2016

Main Article Content

Rohmatus Sa’diah
Imam Buchori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode RGEC (risk profile, governance, earnings dan capital) dalam menganalisis kesehatan Bank BNI Syariah Tahun 2015 dan bagaimana analisis tingkat kesehatan dengan menggunakan metode RGEC (risk profile, governance, earnings dan capital) dalam menjaga stabilitas kesehatan Bank BNI Syariah  tahun 2016. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Berdasarkan penilaian tingkat kesehatan PT. Bank BNI Syariah tahun 2015 dengan menggunakan metode RGEC yang meliputi aspek risk profile, governance, earnings dan capital,  didapatkan hasil bahwa kesehatan PT. Bank BNI syariah berada pada peringkat 2 yaitu SEHAT dengan nilai keseluruhan 83,33%. Dalam hal ini PT. Bank BNI syariah mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya. Dan juga PT. Bank BNI syariah mampu menjaga stabilitas kesehatan bank syariah di tahun 2016. Hal ini dibuktikan dengan penilaian kesehatan PT. Bank BNI syariah di triwulan pertama dan kedua tahun 2016 dengan peringkat SANGAT SEHAT.Dari hasil dari penilaian kesehatan dengan menggunakan metode RGEC ini juga dapat dijadikan acuan untuk  evaluasi, saran perbaikan dan menjaga stabilitas kesehatan bank syariah.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sa’diah, Rohmatus, and Imam Buchori. “ANALISIS KESEHATAN BANK SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC (RISK PROFILE, GOVERNANCE, EARNINGS AND CAPITAL) DALAM MENJAGA STABILITAS KESEHATAN PADA PT. BANK BNI SYARIAH TAHUN 2016”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 7, no. 2 (October 25, 2017): 1464–1475. Accessed February 6, 2023. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/107.
Section
Articles
Author Biographies

Rohmatus Sa’diah, UIN Sunan Ampel

Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya

Imam Buchori, UIN Sunan Ampel

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya