PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PERILAKU MEMILIH LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN SIKAP TERHADAP PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM DESA GAMBIRAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG

Main Article Content

Ani Nur Faidah
Samsul Anam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengetahuan produk terhadap perilaku memilih lembaga keuangan syariah dengan sikap terhadap produk sebagai variabel intervening pada masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang.


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif asosiatif. Subjek penelitian ini ialah masyarakat muslim Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi logistik biner, dan analisis jalur dengan bantuan software IBM SPSS Statistics Version 24, Microsoft Excel 2010, dan interactive calculation tool for mediation tests..


Hasil pengujian data dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga hasil uji analisis tergantung pada data yang diolah pada tiap hipotesisnya. Pertama, hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dengan sikap terhadap produk. Kedua, hasil uji regresi logistik biner menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dan sikap terhadap produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah. Dan ketiga, hasil analisis jalur menunjukkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah melalui sikap terhadap produk. Sehingga dengan demikian, sikap terhadap produk merupakan variabel pemediasi (intervening) dari pengaruh antara pengetahuan produk dengan perilaku memilih lembaga keuangan syariah. Adapun jenis pemediasinya adalah partial mediation.


Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan untuk lembaga keuangan syariah dan pemerintah lebih mengintensifkan lagi sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang lembaga keuangan syariah khususnya terkait dengan karekteristik produk, akibat penggunaan produk dan pencapaian nilai produk, dengan cara memanfaatkan media potensial yang belum tergarap di Desa Gambiran, seperti memanfaatkan masjid, musala, pondok pesantren, Taman Pendidikan Al-Quran dan majelis taklim sebagai media sosialisasi dan edukasi. Dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan untuk lebih mengeksplor faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku memilih selain pengetahuan produk dan sikap terhadap produk, seperti persepsi atau lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Faidah, Ani Nur, and Samsul Anam. “PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP PERILAKU MEMILIH LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN SIKAP TERHADAP PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING: STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM DESA GAMBIRAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 8, no. 1 (August 9, 2018): 1524–1546. Accessed February 6, 2023. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/112.
Section
Articles
Author Biographies

Ani Nur Faidah, UIN Sunan Ampel

Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

Samsul Anam, UIN Sunan Ampel

Dosen Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya