PENGARUH NILAI OUTSTANDING SUKUK KORPORASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) INDONESIA PERIODE TRIWULANAN TAHUN 2011-2017

Main Article Content

Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza
Shafiyatun Shafiyatun

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis pengaruh investasi berupa sukuk korporasi terhadap PDB Indonesia dengan menggunakan data time series mulai tahun 2011-2017 periode triwulanan. Metode penilitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini diarahkan untuk membangun fakta dengan menyelidiki hubungan antara investasi sukuk korporasi terhadap PDB, kemudian dianalisa secara deskriptif berdasarkan metode statistik dan dicari faktor penyebab dari fenomena hasil penelitian tersebut. Uji pengaruh dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana bantuan software SPSS 21.00.


Hasil uji model pengaruh investasi sukuk korporasi terhadap PDB menunjukan bahwa sukuk korporasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dalam hal ini adalah PDB.


Sukuk mempengaruhi pertumbuhan ekonomi melalui PDB melalui pendanaan dari penerbitan sukuk korporasi (corporate sukuk), dimana ketika suatu perusahaan menerbitkan surat utang atau sukuk maka perusahaan tersebut akan mendapatkan dana ketika surat utang tersebut telah terjual. Adanya tambahan dana dari penerbitan sukuk dapat meningkatkan kapasitas produksi. Kapasitas produksi yang meningkat diharapkan meningkatkan produksi menjadi lebih banyak, sehingga perekonomian dapat tumbuh. Pada akhirnya peningkatan output tersebut yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Tantangan yang dihadapi adalah share sukuk terhadap obligasi yang masih stagnan di kisaran 5%. Masalah dalam pengembangan sukuk korporasi di Indonesia lebih didominasi aspek pelaku pasar dan regulasi. Sehingga diperlukan kajian terkait supply dan demand sukuk korporasi. Dari sisi supply antara lain mendorong BUMN untuk turut serta listing (mengeluarkan) efek sukuk korporasi. Sementara sisi demand, yakni mendorong perbankan syariah untuk turut menempatkan dananya di sukuk. Literasi kepada masyarakat mengenai sukuk juga sangat diperlukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Faiza, Nurlaili Adkhi Rizfa, and Shafiyatun Shafiyatun. “PENGARUH NILAI OUTSTANDING SUKUK KORPORASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) INDONESIA: PERIODE TRIWULANAN TAHUN 2011-2017”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 8, no. 1 (August 16, 2018): 1577–1596. Accessed February 6, 2023. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/115.
Section
Articles
Author Biographies

Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza, UIN Sunan Ampel

Mahasiswa Program Magister Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya

Shafiyatun Shafiyatun, UIN Sunan Ampel

Mahasiswa Program Magister Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya