ANALISIS STRATEGI INTEGRATED MARKETING DAN ISLAMIC EXPERIENTIAL MARKETING PRODUK SIMPANAN KENCLENG KOPERASI SYARIAH DALAM UPAYA MENARIK MINAT ANGGOTA PADA KOPERASI SYARIAH (KOPSYAH) MANFAAT SURABAYA

Main Article Content

Deasy Tantriana
Nujullah Hanif Fauziah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah tentang strategi integrated marketing apa yang digunakan KOPSYAH Manfaat Surabaya dalam upaya menarik minat amggota, dan penerapan atau pelaksanaan islamic experiential marketing dalam produk simpanan syariah serta kendala-kendala apa saja dalam memasarkan produk simpanan di KOPSYAH Manfaat Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi integrated marketing yang digunakan oleh KOPSYAH Manfaat yaitu mengandalkan social media. Seperti, facebook, instagram, blog, tweeter, siaran radio islami. Dari semua aplikasi social media yang digunakan yang paling mudah direspon anggota yaitu facebook dan siaran radio islami. Dari situlah upaya-upaya untuk menarik anggota untuk bergabung dalam KOPSYAH Manfaat Surabaya. Dengan adanya produk baru yaitu produk KENCLENG yang lahir dari kegiatan pemberdayaan. Sampai saat ini kedua strategi marketing sangatlah direspon baik oleh masyarakat. Dengan bukti adanya peningkatan anggota dari tahun 2016 bulan Novermber sampai tahun 2017 sebesar 80% tingkat penambahan anggota untuk produk KENCLENG sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tantriana, Deasy, and Nujullah Hanif Fauziah. “ANALISIS STRATEGI INTEGRATED MARKETING DAN ISLAMIC EXPERIENTIAL MARKETING PRODUK SIMPANAN KENCLENG KOPERASI SYARIAH DALAM UPAYA MENARIK MINAT ANGGOTA PADA KOPERASI SYARIAH (KOPSYAH) MANFAAT SURABAYA”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 8, no. 1 (April 25, 2018): 1565–1576. Accessed February 6, 2023. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/118.
Section
Articles
Author Biographies

Deasy Tantriana, UIN Sunan Ampel

Dosen Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

Nujullah Hanif Fauziah, UIN Sunan Ampel

Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya