Analisis Tingkat Kesehatan dan Potensi Financial Distress dengan Metode RGEC Pada BNI Syariah Tahun 2014-2018

Main Article Content

Muhammad Iqbal Surya Pratikto
Ariza Qanita
Rahma Ulfa Maghfiroh

Abstract

Penilaian tingkat kesehatan bank merupakan hal yang sangat penting, tidak hanya untuk kepentingan stakeholder melainkan juga untuk kepentingan perusahaan itu sendiri. Dengan mengetahui kondisi kesehatan bank, manajemen bisa lebih mudah dalam menentukan arah kebijakan jalannya perusahaan ke depan. Dalam menjalankan bisnisnya, perbankan harus memperhatikan aspek risiko yang mungkin diakibatkan dari kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kesehatan dan potensi financial distress pada bank BNI Syariah dari tahun 2014 sampai 2018. Penilaian tingkat kesehatan bank sangat penting baik untuk stakeholder maupun untuk kepentingan pengambilan keputusan bagi manajemen bank itu sendiri. Tingkat kesehatan bank dibagi menjadi lima kategori yaitu “Sangat Sehat†yang dipersamakan dengan Peringkat Komposit 1 (PK-1), “Sehat†yang dipersamakan dengan Peringkat Komposit 2 (PK-2), “Cukup Sehat†yang dipersamakan dengan Peringkat Komposit 3 (PK-3), “Kurang Sehat†yang dipersamakan dengan Peringkat Komposit 4 (PK-4), dan “Tidak Sehat†yang dipersamakan dengan Peringkat Komposit 5 (PK-5). Metode penilaian tingkat kesehatan bank telah mengalami berbagai perubahan mulai dari CAMEL, CAMELS, dan yang terakhir dan saat ini digunakan adalah RGEC. RGEC mengukur empat komponen yaitu Risk Profile yang diproksikan melalui NPF dan FDR, GCG yang diproksikan melalui PDN, Earnings yang diproksikan melalui ROA, ROE, NI, dan BOPO, serta Capital yang diproksikan melalui CAR.   Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, dan Capital) dalam analisis laporan keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bank BNI Syariah dari tahun 2014 sampai 2018 masuk dalam peringkat PK-2 dan dinyatakan sehat serta tidak berpotensi mengalami financial distress.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Iqbal Surya Pratikto, Muhammad, Ariza Qanita, and Rahma Ulfa Maghfiroh. “Analisis Tingkat Kesehatan Dan Potensi Financial Distress Dengan Metode RGEC Pada BNI Syariah Tahun 2014-2018”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 9, no. 1 (September 30, 2020): 87–101. Accessed April 19, 2024. https://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/226.
Section
Articles

References

Ali Mustofa, Imam, Nurhayati Nurhayati, Fajruddin Fatwa, Suqiyah Musyafa’ah, and Muhammad Iqbal Surya Pratikto. 2018. “ANALYSIS OF THE HEALTH LEVEL OF BRI SHARIA BANK THROUGH RGEC METHOD FROM 2016 TO 2020”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 8 (2). Surabaya, Indonesia:1676-1703. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/895.

Andari, Ni Made Meliani dan I Gusti Bagus Wiksuana “RGEC sebagai Determinasi dalam Menanggulangi Financial Distress pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia”, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 1, 2017.

Christian, Frans Jason, Dkk. “Analisa Kesehatan Bank dengan Menggunakan Metode RGEC pada Bank BRI dan Mandiri Periode 2012-2015”, Jurnal EMBA, Vol. 5, No. 2, 2017.

Fitriana, Nur, Dkk. “Tingkat Kesehatan Bank BUMN Syariah dengan Bank BUMN Konvensional; Metode RGEC”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 17, No. 02, 2015.

Harahap, Sofyan Syafri. Analisis Kritis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.

Haq, Habbi Irsyada dan Puji Harto “Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Berbasis RGEC Terhadap Financial Distress (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2017)”, Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 8, No. 3, 2019.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016.

Nur Vitasari, Putri, Abd Hadi, Basith Junaidy, Akhmad Yunan Atho’illah, and Imroatul Azizah. 2018. “ANALYSIS OF HEALTH LEVEL FINANCIAL STATEMENTS AT BPRS BHAKTI SUMEKAR USING CAMEL METHOD 2016-2020”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 8 (2). Surabaya, Indonesia:1704-21. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/896.

Rahmaniah, Melan dan Hendro Wibowo “Analisis Potensi Terjadinya Financial Distress pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia”, Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 3, No. 1, 2015.

Sukirno, Dkk. “Prediksi Financial Distress pada Koperasi di Kabupaten Pemalang”, Jurnal Akuntansi & Auditing, Vol. 10, No. 2, 2014.

Umiyati dan Queenindya Permata Faly “Pengukuran Kinerja Bank Syariah dengan Metode RGEC”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, Vol. 2, No. 2, 2015.

Wahasusmiah, Rolia dan Khoiriyyah Rahma Watie “Metode RGEC: Penilaian Tingkat Kesehatan Bank pada Perusahaan Perbankan Syariah”, Jurnal I-Finance, Vol. 4, No. 2, 2018.

Most read articles by the same author(s)