Analisa Hubungan Dinamis antara Risiko Pembiayaan Mudharabah, Risiko Pembiayaan Musyarakah, Risiko Pembiayaan Murabahah dan Profitabilitas Perbankan Syariah

Main Article Content

Rianto Anugerah Wicaksono
Ainun Nadliroh

Abstract

Pertumbuhan pembiayaan Bank Syariah mendorong peningkatan potensi pendapatan serta potensi risiko bagi Bank Syariah itu sendiri. Pengelolaan pembiayaan yang baik untuk menjaga tingkat kesehatan Bank Syariah merupakan hal yang sangat penting. Pengelolaan risiko tentu dihadapkan pada dinamika permasalahan teknis di lapangan yang dinamis serta perubahan kebijakan untuk mengambil langkah-langkah mitigasi risiko dan peningkatan potensi pendapatan Bank Syariah. Untuk itu perlu dilakukan Analisa hubungan secara dinamis risiko pembiayaan terhadap kemampuan pembiayaan tersebut menghasilkan keuntungan. Penelitian ini menggunakan alat analisa regresi dinamis vector autoregression untuk melakukan analisa hubungan dinamis, dan pengaruh jangka Panjang terhadap setiap variabelnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya evaluasi secara berkala dari pihak Bank Syariah untuk mendorong atau mengurangi jumlah pembiayaan dalam rangka menjaga nilai non-performing finance tetap sehat (< 5%).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wicaksono, Rianto Anugerah, and Ainun Nadliroh. “Analisa Hubungan Dinamis Antara Risiko Pembiayaan Mudharabah, Risiko Pembiayaan Musyarakah, Risiko Pembiayaan Murabahah Dan Profitabilitas Perbankan Syariah”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 9, no. 2 (December 18, 2020): 164–185. Accessed April 20, 2024. https://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/231.
Section
Articles

References

Kuncoro, Mudrajad. 2002. Manajemen Perbankan : Teori dan Aplikasi. (Yogyakarta : BPFE).

Undang – undang Perbankan No. 10 Tahun 1998

A. Karim, Adiwarman. 2011. Bank Islam : Analisis Fiih dan Keuangan. (Jakarta : Rajawali Pers).

Antonio, Muhammad Syafi‟I. 2001. Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik. (Jakarta: Gema Insani Pers)..

Rivai , Veithzal. 2013. Islamic Risk Management For Islamic Bank: Risiko bukan untuk ditakuti, tapi dihadapi dengan cerdik, cerdas, dan profesional. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama).

Sudana , I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. (Jakarta : Erlangga).

Agus Harjito dan Martono. 2007. Manajemen Keuangan, (Yogyakarta : Ekonisia).

Husaini Usman dan Purnomo. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. (Jakarta : PT Bumi Aksara)

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial : Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. (Surabaya : Airlangga University Press).

Ghazali, Imam. 2006. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Ed.1. (Semarang: BPUD).

Nachrowi dan Usman. 2006. Pendeketan Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. (Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Univesitas Indonesia).

Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo).

Ariefianto, Doddy. 2012. EKONOMETRIKA. (Jakarta: Penerbit Erlangga)