Analisis Akad Wakalah Bil Ujrah pada Jasa Titip Beli Online dalam Prespektif Kaidah Fikih Ekonomi (Studi Kasus pada Akun Instagram @jastiperopa777)

Main Article Content

Siti Hasnaa Madinah
Putri Karunia Sari
Isnaini Rofiqoh

Abstract

Akad wakalah adalah akad pemberian kekuasaan oleh seseorang kepada orang lain untuk melakukan suatu yang bersyarat hukum, sedangkan pemberian kekuasaan itu sendiri bisa denggan mengggunakan dan atau tanpa pemberian upah. Pemberian upah pada akada wakalah inilah yang dinamaka sebagai wakalah bil ujrah. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui dari sudut pandang Kaidah fikih ekonomi terkait akad wakalah bil ujrah yang terdapat dalam transaksi jual jasa titip beli online. Dengan mengambil salah satu penyedia jasa titip beli online dalam sebuah aplikasi media social Instagram yaitu akun jastiperopa777 untuk di analisis kesesuaian akad wakalah bil ujrah dengan kaidah fikih ekonomi yang telah ada. Dalam analisis praktik transaksi pada akun ini telah mendekati kesesuaian pada Syarat Rukun yang ditetapkan berdasarkan akad Al-wakalah bil ujrah. Kaidah fikih yang terdapat  didalamnya yaitu: (1) Segala sesuatu tergantung pada maksud niatnya, yang merupakan kaidah utama yang lima, dengan kaidah turunan, penentu dalam sebuah akad adalah tujuan dan hakekatnya, bukan lafadz dan bentuk kalimatnya. (2) Setiap perniagaan itu diatas saling ridho. (3)meringankan dan mempermudah bukan memberakan dan memepersulit. (4) pada dasarnya segala bentuk muamalah adalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Karena pada dasarnya hukum suatu muamalat dibolehkan selagi tidak terdapat hal-hal yang menjadikan transaksi muamalat tersebut menjadi haram. dan mengandung banyak maslahat bagi umat.dengan pembahasan kasus ini kami juga akan menjabarkan kaidah fikih yang terdapat dalam akad transaksi ini, serta menganalisis bagaimana keabsahan dan eterkaitan antara transaksi kontemporer ini (Jasa titip beli online) dengan kaidah fikih ekonomi yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Madinah, Siti Hasnaa, Putri Karunia Sari, and Isnaini Rofiqoh. “Analisis Akad Wakalah Bil Ujrah Pada Jasa Titip Beli Online Dalam Prespektif Kaidah Fikih Ekonomi (Studi Kasus Pada Akun Instagram @jastiperopa777)”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 9, no. 2 (December 18, 2020): 196–214. Accessed April 20, 2024. https://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/235.
Section
Articles

References

Al-Qur’an al-Karim;

Abd. Ghafar, Muhammad Hasan. al-Qawaid al-Fiqhiyyah Bayna al-Asholah wa Tawjiih, diakses dari al-maktabah Syamilah al-Hadits [https://almaktaba.org/book/32391/10#p1] pada tgl 29 September 2019.

Al-Bukhari, al –Imam al-Hafidz Abi ‘Abdillah ibn Isma’il, Shahihu-l-Bukhari, Beirut: Dar al fikr, 1995, h.322.

Al-Fauzan, Shalih bin Fauzan bin Abdillah. Al-Mulakhkhash Al-Fiqhiy, vol.2. Riyadh: Dar al-ashima, 1423H.

Al-Imam Abu Husain Muslim b. al-Hajjaj al-Qusayry al-Nisabury. Shahih Muslim No Hadis 2363/141. Beirut, Lebanon: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Ali, Yudistia Teguh. “WAKALAH (pemberian Kuasa)â€. Jurnal Ekonomi Islam. diakses dari [academia.edu] pada tanggal 13 september 2019.

Al-‘Utsaimin, Muhammad bin Shalih. Syarhul Arba’in an-Nawawiyyah. cetakan ketiga. Daar Tsuroyya Lin Nasyri, 2004M.

Az-Zuhaili, Muhammad Mushtafa. al-Qawaid al-Fiqhiyyah wa Tathbiqatuha fi alMadzahib al-Arba’ah, vol 1. Damaskus: Dar al-Fikr, 1427H.

Badri, Muhammad Arifin. “Prinsip Jual Beli dalam Ajaran Islam†pengusahamuslim.com, diakses dari [https://pengusahamuslim.com/1061- prinsip-jual-beli-dalam-ajaran-islam.html].

Djazuli, A. Kaidah-kaidah Fikih, Jakarta: Pernada Media Group, 2007.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah Special for Woman, (Bandung: Sygma Examedia Arkanleema).

Ernantika, Devi. “Analisis Fatwa Dsn-Mui No. 113/Dsn-Mui/Ix/2017 Tentang Akad WakaLah Bi Al-Ujrah Terhadap Bisnis Personal Shopper/ Jastip Di Wilayah Ponorogoâ€. Skripsi-- IAIN Ponorogo, Ponorogo, 2019.

Fatwa DSN No. 113/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Wakalah bil Ujrah.

Fransiska, Chindy et al. “Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Fee dalam Praktik Jasa Titip Barang Online (Studi Kasus Pada Princessist Online Shop)â€. Jurnal Prosiding Keuangan dan Perbankan Syariah. 2019. diakses dari [http://karyailmiah.unisba.ac.id.] Pada tanggal 13 Sepetember 2019.

Ismail. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana, 2017.

Madjid, Salehah. “Prinsip-prinsip (asas-asas) Muamalahâ€. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah vol.2, No.1, 2018.

Nisa, Indah Khoirotum. “Analisis Hukum Ekonomi Syari’ah Terhadap Praktek Aqad Jual Beli Online Dalam Sistem Go-Foodâ€. Skripsi--UIN Walisongo, Semarang, 2018.

Sari, Zurifah Diana. Analisis Fiqih Muamalah Terhadap Praktik Jasa Titip Beli Online Dalam Akun Instagram @Storemurmersbyâ€. Skripsi-- UIN Sunan Ampel, Surabaya, 2018.

Shaffat, Idri. Hadis Ekonomi Hadis dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Kencana, 2016.

Tarmizi, Erwandi. Harta Haram Muamalat Kontemporer. Jakarta: Berkat Mulia Insani, 2017