Pengaruh Facebook dan Instagram Terhadap Pilihan Konsumen untuk Berbelanja di Toko Basmalah Cabang Sidogiri

Main Article Content

Rukhul Abadi

Abstract

This research examines the effect of Facebook and Instagram on consumer options to shop in the Toko Basmalah Sidogiri branch. The research method used in this study is multiple linear regression analysis to the data carried out by dividing the questionnaire of 150 persons to buy products at the Toko Basmalah Sidogiri branch. The results of the questionnaire were tested using the SPSS version 20.0 program. The data collection technique used is distributing questionnaires to 50 respondents while the sampling technique used to calculate the size of the sample size is Non Probability Sampling. The results of the study used the method of Multiple Linear Regression Analysis, Validity Test, Reliability Test, Coefficient of Determination, Partial Hypothesis Test, Simultaneous Hypothesis Test. The results of the study used the method of Multiple Linear Regression Analysis, Validity Test, Reliability Test, Coefficient of Determination, Partial Hypothesis Test, Simultaneous Hypothesis Test. The results showed that promotion variables through Facebook and Instagram together had an effect on consumers' choices for shopping at Toko Basmalah Sidogiri Branch. But partially, the promotion variable through Facebook has no effect on consumers 'choices to shop at Toko Basmalah Sidogiri Branch, other than the promotion variable via Instagram which has an influence on consumers' choices to shop at Toko Basmalah Sidogiri Branch.


Key Words : Social media, Puchase interest, Toko Basmalah


 


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Facebook dan Instagram terhadap pilihan konsumen untuk berbelanja di Toko Basmalah cabang Sidogiri. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dimana pengumpulan data dilakukan dengan membagi kuesioner kepada 150 konsumen yang membeli produk di Toko Basmalah. Data kuesioner kemudian di uji menggunakan SPSS. Penelitian ini menggunakan 50 sampel yang dipilih menggunakan metode purposive random sampling. sedangkan Teknik sampling yang digunakan untuk menghitung besarnya ukuran sampel adalah Non Probability Sampling. Hasil penelitian mengunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis Parsial, Uji Hipotesis Simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial khususnya Instagram mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pilihan konsumen untuk berbelanja di Toko Basmalah cabang Sidogiri. Hasil uji secara simultan (bersama-sama) Facebook dan Instagram berpengaruh signifikan dan posituf terhadap pilihan konsumen untuk berbelanja di Toko Basmalah. Sedangkan hasil Uji t menunjukkan secara parsial hanya Instagram yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pilihan konsumen untuk berbelanja di Toko Basmalah. Sedangkan Facebook tidak berpengaruh terhadap pilihan konsumen untuk berbelanja di Toko Basmalah. 


Kata Kunci: Media sosial, Keputusan pembelian, Toko Basmalah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abadi, Rukhul. “Pengaruh Facebook Dan Instagram Terhadap Pilihan Konsumen Untuk Berbelanja Di Toko Basmalah Cabang Sidogiri”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 10, no. 2 (October 6, 2020): 146–159. Accessed April 25, 2024. https://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/342.
Section
Articles

References

Agustina, “Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Sikap Konsumerisme Remaja di SMA Negeri 3 Samarinda” eJournal Ilmu Komunikasi. Vol. 3 No. 4, (2016).

Azwar, Saifuddin. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2000.

Firona, Warham. “Pengaruh Dirext Selling dan Media Sosial Melalui Facebook Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rokok SIN Herbal” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Vol. 3, (2018)

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro. 2018

https://www.cnbcindonesia.com/news/20180622163406-4-20125/pengusaha industri-ritel-semester-i-2018-tumbuh-7-75 (diakses tanggal 23 Februari 2020).

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/10/05/gerai-alfamart-danindomaret-masih-ekspansi (diakses tanggal 27 April 2020).

https://id.wikipedia.org/wiki/Media sosia.(diakses tanggal 25 Februari 2020)

Huda, Bakhrul. "Dinamika Bisnis Ritel Pesantren (Studi Fenomenologi Ritel Modern Berjejaring Toko Basmalah Koperasi Pondok Pesantren Sidogiri)" Disertasi--UIN Sunan Ampel, Surabaya, 2020

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons Vol. 53, No. 1 (2010)

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. Marketing Management, 15th edition. United states : Pearson Education, 2016.

Rangga Aditya, “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru” Jom FISIP Vol. 2 No. 2, (2015)

Raheni,Cahyaning. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa”. Jurnal Manajemen dan Start Up Bisnis Vol. 5, No. 2, (2018).

Sahid Rahardjo. 2014. Uji Autokorelasi Durbin Watson dengan SPSS.Konsistensi.(online), (https://www.konsistensi.com/2013/08/uji-autokorelasi-dengan-uji-durbin.html) diakses 27 Oktober 2019).

Sudaryanto, et al. 2019. “Influence of Brand Image, Price and Promotion on Consumer’s Buying Decision of Fast Moving Consumer’s Goods with Culture as A Moderating Variable in Basmallah Retail Store in Indonesia”. International Journal of Scientific & Technology Research, Vol.8, Issue 03, (2019).

Sugianto Putri, Citra. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Konsumen Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 1, No. 5, (2016).

Websindo.2019.Indonesia Digital 2019: Media Sosial (https://websindo.com/indonesia-digital- 2019-media-sosial/), diakses 06 Maret 2020).