PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BRI SYARIAH CABANG SURABAYA GUBENG PERIODE 2013-2015

Main Article Content

Medy Tama Prihartadi

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia diiringi dengan munculnya berbagai institusi komersial yang bergerak di bidang keuangan, salah satunya adalah bank. Sehingga perbankan perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat menunjang kemajuan perbankan. Salah satunya dengan mengetahui dan menganalisis pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Tingkat Bagi Hasil terhadap Jumlah Pembiayaan Mud}ha<rabah pada PT. BRI Syariah Cabang Surabaya Gubeng. Peneliti menggunakan metodologi dengan pendekatan kuantitatif  dan jenis penelitian asosiatif  yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Penulis menganalisis seberapa besar pengaruh dana pihak ketiga dan tingkat bagi hasil terhadap pembiayaan mud}ha<rabah  secara parsial. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang sudah tersedia pada Bank BRI Syariah Cabang Surabaya Gubeng tahun 2013 hingga 2015. Selanjutnya teknik analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dana pihak ketiga tidak berpengaruh terhadap pembiayaan mud}ha<rabah. (2) Tingkat bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan mud}ha<rabah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembiayaan mud}ha<rabah di PT. BRI Syariah Cabang Surabaya Gubeng hanya dipengaruhi oleh tingkat bagi hasil. Namun pihak Bank BRI Syariah Cabang Surabaya Gubeng harus lebih berhati-hati dalam menyalurkan dana untuk pembiayaan mud}ha<rabah mengingat karakteristik dari pembiayaan mud}ha<rabah yang belum dapat dipastikan apakah akan mendapat keuntungan atau pembiayaan yang diberikan terjadi kemacetan ditengah jalan (non performing financing).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Prihartadi, Medy Tama. “PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BRI SYARIAH CABANG SURABAYA GUBENG PERIODE 2013-2015”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 6, no. 1 (April 25, 2016): 1187–1201. Accessed February 6, 2023. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/89.
Section
Articles
Author Biography

Medy Tama Prihartadi, UIN Sunan Ampel

Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya