Kapitalisasi Agama pada Tayangan Televisi (Tinjauan Teori Ekonomi Politik Media)

Authors

  • Ahmad Zamzamy Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/oje.2016.1.1.49-70

Keywords:

Teori Ekonomi Politik Media, Komodifikasi, Tayangan Agama

Abstract

Teori ekonomi politik media digunakan dalam menganalisis proses ekonomi dan politik dalam suatu media. Adapun yang dibahas dalam teori ini adalah komodifikasi – selain spasialisasi dan strukturisasi.Tayangan program acara televisi di Indonesia juga tak luput dari adanya gejala komodifikasi.Obyek penulisan ini berfokus pada tayangan televisi yang mengandung unsur agama dikaitkan dengan komodifikasi.Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bagaimana kapitalisasi agama terjadi di stasiun televisi. Di sini disinggung pula mengenai rating dan share serta beberapa program acara televisi sebagai pendukungnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-18

How to Cite

Zamzamy, A. (2016). Kapitalisasi Agama pada Tayangan Televisi (Tinjauan Teori Ekonomi Politik Media). OECONOMICUS Journal of Economics, 1(1), 49–70. https://doi.org/10.15642/oje.2016.1.1.49-70