Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Produk Home Industri Kerupuk Pedas melalui Atribut Produk dalam Perspektif Manajemen Mutu (Studi Pada UD. Alim Rugi Desa Sono, Sidokerto Kec. Buduran, Kab.Sidoarjo, Jawa Timur)

Authors

  • Muchammad Saifuddin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sayyidah Aliyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/oje.2019.4.1.1-20

Keywords:

atribut produk; home industri; kualitas produk; strategi

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang dan berdampak pada semakin tingginya persaingan bisnis dalam memberikan peluang kepada konsumen untuk dapat memenuhi keinginannya dalam memperolehi produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing maka banyak usaha-usaha kecilseperti home industri mulai mengepakkan sayapnya untuk dapat meningkatkan mutu industrinya. Oleh karena itu, tujuan utama dilakukannya penelitian terhadap produk UD. Alim Rugi ini adalah untuk memberikan gambaran dan melakukan perbaikan produk guna mengembangkan serta meningkatkan kualitas produk melalui atribut-atribut produk industri tersebut sehingga dapat memenuhi permintaan pasar dan dapat bersaing dengan indusrtriindustri sejenis lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan observasi atau studi lapangan dengan wawancara dan studi literatur untuk mendapatkan data yang relevan. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi dalam meningkatkankan kualitas produk UD. Alim Rugi melalui atribut-atribut produksi yang sesuai dengan permintaan konsumen saat ini yaitu informasi komposisi produk, cita rasa produk, kemasan produk, dan pemasaran produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy, Pasuruan: Qiara Media

Hendri. 2019 . wawancara Karyawan UD. Alim Rugi 16 Desember 2019 Hana. 2019. wawancara Konsumen produk UD. Alim Rugi 16 Desember 2019

Juharni. 2017. Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Makassar: SAH MEDIA

Linggar Eka Setyanto, Zainul Arifin, Sunarti. 2017. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pembeli Apple Iphone Pada Mahasiswa/Mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013/2014 Universitas Brawijaya Malang)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 46, No. 2

Ananda Riski. 2016 “Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industri Keripik Di Kelurahan Kubu Gadang)”, JPM FISIP, Vol. 3, No. 2

Rochdiani, Dini. 2017. “Manajemen Usaha Home Industri Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang”, Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, Vol. 7, No. 1

Rumanintya Lisaria Putri. 2016. “Peningkatan Kualitas Produk Melalui Penerapan Prosedur dan Sistem Produksi: Studi Pada UD Wijaya Kusuma Kota Blitar”, Jurnal WRA, Vol. 4, No. 2

Saifuddin, M. 2014. E-Marketing Dalam Pandangan Bisnis. Jurnal Bisnis Teknologi, 1(1), 47-52.

Sindy Tawas. 2013. “Atribut Produk, Harga, Dan Strategi Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil Toyota Vios Di PT Hasjrat Abadi Manado”, Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 4

Downloads

Published

2019-12-17

How to Cite

Saifuddin, M., & Sayyidah Aliyah. (2019). Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Produk Home Industri Kerupuk Pedas melalui Atribut Produk dalam Perspektif Manajemen Mutu (Studi Pada UD. Alim Rugi Desa Sono, Sidokerto Kec. Buduran, Kab.Sidoarjo, Jawa Timur). OECONOMICUS Journal of Economics, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.15642/oje.2019.4.1.1-20