Strategi untuk Meningkatkan Pasar Produk Alat Hispatologi (Merk Sakura) : Studi Kasus PT. Fajar Mas Murni

Authors

  • Anton Sukoco Universitas Airlangga
  • Yusak Anshori Universitas Nadhatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/oje.2020.4.2.118-145

Keywords:

penantang pasar (market challenger), analisis SWOT, Internal Factor Analysis (IFAS), Eksternal Factor Analysis (EFAS), strategi pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang langsung mengenai pemimpin pasar dengan tujuan mendapatkan strategi pemasaran untuk meningkatkan pangsa pasar dan menjadi pemimpin pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif menggunakan instrumen analisis SWOT disertai dengan perhitungan IFAS dan EFAS. Sumber data dan jenis data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil diskusi kelompok fokus, wawancara mendalam dan kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan keuangan dan artikel serta literatur yang relevan. Hasil pengayaan strategi dengan mengggunakan analisis SWOT pada pendekatan kuantitatif diperoleh bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran 3 yakni kuadran WO dengan koordinat (-0,63; +1,47) sehingga perusahaan seharusnya memasuki strategi turnaround, yaitu mengubah strategi pemasaran mereka dari hit langsung menjadi pemimpin pasar dengan meningkatkan layanan purna jual, meningkatkan kualitas produk mereka, ekuitas merek, dukungan dari manajemen puncak dan menempatkan unit di Rumah Sakit Pendidikan. Penelitian ini dapat memberikan gambaran umum kepada praktisi dalam pengambilan keputusan strategis pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementrian Kesehatan RI. 2015. Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 56 Tahun 2014. http://www.yankes.kemkes.go.id/assets/downloads/PMK%20No.%2056%20ttg%20Klasifikasi%20dan%20Perizinan%20Rumah%20Sakit.pdf.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. (2016). Pearson Marketing Management 14e. Pearson Education Limited.

Rahmayati HM. (2015).” Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara". Jurnal Galung Tropika. Vol.4 No.1. hal.60-67.

Iman Sulaeman. (2016).” Kualitas Pelayanan dan Strategi Marketing Terhadap Kepuasan Pada Suria City Hotel Bandung". Jurnal Lentera Bisnis. Vol.5 No.2. hal. 77-103.

Dr. Fahreza Zafar, Sman Babar, dkk. (2013).” The Art of Strategic Management – a key success in corporate sector". EuropeanJournal of Research and Reflection in Management Sciences. Vol.1 No.1. Hal.15-24.

Aries Susanty & Woro Widiati. (2014). ”Pemilihan Strategi Pemasaran di Kampoeng Kopi Banaran Menggunakan Pendekatan Metode Analytical Network Process (anp) dan Technique for Order Preference by Similarity To an Ideal Solution (TOPSIS)". J@TI Undip. Vol IX No 3. Hal.163-172.

Ifediora Christian Osita & Idoko Onyebuchi R., dkk. (2014).” Organization’s stability and productivity the role of SWOT analysis an acronym for strenght, weakness, oppurtunities and threat". International Journal of Innovative and Applied Research. Vol.2 No.9. Hal.23-32.

Živan Živkovi? & Djordje Nikoli?, dkk. (2015)." Analytical Network Process in the Framework of SWOT Analysis for Strategic Decision Making (Case Study: Technical Faculty in Bor, University of Belgrade, Serbia). Acta Polytechnica Hungarica. vol.12 No.7. Hal.199-216.

Ilyas & Sarika Zuhri, dkk. (2018).” Marketing Strategy Determination by SWOT and ANP Approaches on Aceh Songket Small-Medium Enterprises". International Journal of Conceptionson Computing and Information Technology. Vol.6 No.1. Hal.8-13.

Siti Muhimatul Khoiroh. (2017).” Optimalisasi Pengembangan Kampung Industri Batik Tulis Daerah berdasarkan Mapping Value Chain". Surakarta. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 2017.

Al?Refaie, A & Sy, E, dkk. (2016).” Integration of SWOT and ANP for effective strategic planning in the cosmetic industry". AdvancesinProductionEngineering&Management. Vol.11 No.1. Hal.49-58.

Rangkuti, F.(2017).”Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAL. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Wheelen, T.L, & David Hunger, J.(2015).”Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability Thirteenth Edition”.

P.Stephen, R., & Coulter, M.(2014).”Manajemen”. Jakarta.Erlangga.

Pearce, J.A., & Robinson, R.B.(2013).”Management Strategik. Salemba Empat.

Chang, H.H., & Huang, W.C. (2006).”Application of a Quantification SWOT Analytical Method”. Mathematical and Computer Modelling. Vol.43. No.2. hal.158-169.

Sammut-Bonnici, T., & Galea, D. (2015).”SWOT Analysis”. Willey Encyclopedia of Management, hal. 1-8.

Phadermrod, B., Crowder, R. M., & Wills, G. B. (2019). ”Importance-Performance Analysis based SWOT analysis”. International Journal of Information Management, Vol. 44, Hal. 194–203.

Yin,R.(2015).”Studi kasus: Desain dan metode”. PT Raja Grafindo Persada.

Kanat, S., Abbasi, S., Peerzada, M., & Atilgan, T. (2018). “SWOT Analysis of Pakistan’s Textile and Clothing Industry”. Industria Textila. Vol.502.

Brege, H., & Kindström, D. (2019). Exploring proactive market strategies. Industrial Marketing Management, (March), 1–14.

De Moortel, K., & Crispeels, T. (2018). International university-university technology transfer: Strategic management framework. Technological Forecasting and Social Change. Vol.135. Hal.145–155.

Downloads

Published

2020-06-05

How to Cite

Sukoco, A., & Anshori, Y. (2020). Strategi untuk Meningkatkan Pasar Produk Alat Hispatologi (Merk Sakura) : Studi Kasus PT. Fajar Mas Murni . OECONOMICUS Journal of Economics, 4(2), 118-145. https://doi.org/10.15642/oje.2020.4.2.118-145
| Abstract views: 454 ,