Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Bakso Bunda Dengan Pendekatan Business Model Canvas di Mojoagung, Jombang
Keywords:
Analisa SWOT, Bisnis model kanvas, Strategi bersaingAbstract
Banyak nya UMKM yang berkembang pasca pandemi covid-19 akan membuat persaingan UMKM semakin ketat. Pelaku usaha UMKM harus bisa memikirkan kembali strategi pengembangan untuk mendapatkan perhatian dan mempertahankan hati pelanggan. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada pelaku usaha UMKM Bakso Bunda untuk mengembangkan model bisnis dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara (in-depth interview) dan kemudian menganalisis IFE, EFE, SWOT matriks, analisa SWOT dan business model canvas (BMC). Hasil dari penelitian ini yaitu elemen yang terkuat dari UMKM Bakso Bunda adalah value proposition dan elemen yang terlemah adalah key resources. Hasil dari SWOT Matriks dan Business Model Canvas pada UMKM Bakso Bunda yaitu (1) pemilik usaha harus bisa berinovasi untuk membuat produk turunan yang bisa menambah value pada produk, (2) mempertahankan kapasitas produksi dan kualitas produksi dengan mencari alternatif suplier lainnya, (3) melakukan perubahan pada promosi yang menarik dengan menggunakan sosial media dan website, (4) menambah sdm dan fasilitas.
Downloads
References
Aniswatun Masruroh, Sindy Marchelia Putri, Budi Ichwayudi, and Agus Solikin. 2023. “Strategi Bersaing UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus UMKM Arusmaya Tuban).” Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA) 6 (1): 1–14. https://doi.org/10.15642/manova.v6i1.595.
Ayodya, Wulan. 2020. UMKM 4.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Badan Pusat Statistik. 2022. “Kabupaten Jombang Dalam Angka,” 682. https://sambang.jombangkab.go.id/front/publikasi/buku/5-kabupaten-jombang-dalam-angka-2022.
———. 2023. “Statistik Indonesia 2023.” Statistik Indonesia 2023 1101001: 790. https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html.
Marfuah, Umi, Rina Nopianti, and Ambaria. 2019. “Business Development Strategy with Business Model Canvas Approach at Pakdhe Mie Chicken Shop-Cimanggis, Depok.” International Journal of Scientific and Technology Research 8 (2): 44–49.
Mukherjee, Sujata. 2023. “The Business Model Canvas of Women Owned Micro Enterprises in the Urban Informal Sector.” Journal of Enterprising Communities 17 (2): 398–418. https://doi.org/10.1108/JEC-05-2021-0068.
Osterwalder, Alex, Yves Pigneur, Greg Bernarda, and Alan Smith. 2019. Value Proposition Design. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Osterwalder, Alexander, and Yves Pigneur. 2012. Business Model Generation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Parker, Charlie, Sam Scott, and Alistair Geddes. 2020. Snowball Sampling. SAGE Publications Limited.
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
———. 2015. Personal SWOT Analysis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiono. 2014. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta.
Tambunan, Tulus T.H. 2019. “The Impact of the Economic Crisis on Micro, Small, and Medium Enterprises and Their Crisis Mitigation Measures in Southeast Asia with Reference to Indonesia.” Asia and the Pacific Policy Studies 6 (1): 19–39. https://doi.org/10.1002/app5.264.
Umar, Abdullah, Agung Hari Sasongko, Glory Aguzman, and Sugiharto. 2018. “Business Model Canvas as a Solution for Competing Strategy of Small Business in Indonesia.” International Journal of Entrepreneurship 22 (1): 1–9.
Yuswohadi, Farid Fatahillah, Budi Tryaditia, and Amanda Rachmaniar. 2019. Millenial Kill Everything. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Zikmund, William G. 2013. Business Research Method. United Stated: South- Western.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tri Alfian Safii

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.