Analisis Pengaruh Product Quality dan Custumer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pada Pengguna Skincare AVOSKIN

Authors

  • Siti Wiji Utami Universitas Trisakti
  • Sri Vandayuli Riorini Universitas Trisakti

Keywords:

Product Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Product Quality dan Customer Satisfaction terhadap loyalitas pengguna skincare Avoskin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif Product Quality terhadap Customer Loyalty yang dimediasi oleh Customer Satisfaction. Sampel yang diambil dengan kriteria individu yaitu individu yang tinggal di Jakarta dan telah mencoba dan membeli produk perawatan kulit Avoskin. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 125 responden. Berdasarkan jangka waktunya, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah Cross Sectional. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Product Quality berpengaruh positif (langsung) terhadap Customer Satisfaction, Product Quality juga berpengaruh positif terhadap Customer Loyalty melalui peran Customer Satisfaction. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pengelola skincare Avoskin di Indonesia mengenai faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk mencapai dan mengelola loyalitas konsumen. Diantaranya adalah Product Quality dan Customer Satisfaction yang dapat membantu perusahaan mencapai loyalitas merek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458

Boulding, E. G., & Van Alstyne, K. L. (1993). Mechanisms of differential survival and growth of two species of Littorina on wave-exposed and on protected shores. Journal of Experimental Marine Biology and Ecology, 169(2), 139–166. https://doi.org/10.1016/0022-0981(93)90191-P

Dewi kurniawati, K. suharyono. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Kfc Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 1–9. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/583

Dwi Rasmiati, & Yasa, N. N. K. (2019). the Effect of Retail Service and Store Image on Customer Satisfaction and Loyalty At Nirmala Supermarket Jimbaran-Bali. European Journal of Business Economics and Accountancy, 7(3), 38–52. http://www.idpublications.org/wp-content/uploads/2019/09/Full-Paper-THE-EFFECT-OF-RETAIL-SERVICE-AND-STORE-IMAGE-ON-CUSTOMER-SATISFACTION-AND-LOYALTY.pdf

Hasan, A. (2008). Marketing. Cetakan Pertama. Medpress.

Hurriyati, R., & Widiastuti, I. (2008). Pengaruh Pemasaran Eksperiensial Terhadap Retensi Pelanggan Pada Pengunjung Resort&Spa Kampung Sampireun Garut. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 8(1), 1. https://doi.org/10.17509/strategic.v8i1.995

Jahanshahi, A. ., Gashti, M. A. ., Mirdamadi, S. ., Nawaser, K., & Khaksar, S. M. S. (2009). Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Humanities and Social Science, 1(June 2011), 253–260.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-1).

Kotler, P., Maulana, A., Sabran, B., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran / Philip Kotler, Kevin Lane Keller ; penerjemah, Bob Sabran ; editor, Adi Maulana, Wibi Hardani (Ed. 13 ind).

Lovelock, C., & J. W. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif (Edisi ke-7). Erlangga.

P Kotler, KL Keller, A. K. (2013). Marketing management: a South Asian perspectives (14th editi). Pearson.

Prawirosentono, S. (2004). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu (2nd ed.).

Putra, E. H., & Johanes, S. (2017). Jurnal SWOT , Volume VII , No 1 , Januari 2017 Jurnal SWOT , Volume VII , No 1 , Januari 2017. Jurnal SWOT, VII(1), 76–88.

Sekaran & Bougie, 2016. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach Seventh Edition.

Tjiptono, F. & G. C. (2012). Pemasaran Strategik (Kedua). Andi.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Siti Wiji Utami, & Sri Vandayuli Riorini. (2023). Analisis Pengaruh Product Quality dan Custumer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pada Pengguna Skincare AVOSKIN . Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 6(2), 19–27. Retrieved from https://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/MANOVA/article/view/1433

Issue

Section

Articles