Analisis Perbandingan Literasi Keuangan Santri Pondok Pesantren Roudlotun Nafiyah Pasuruan, Sebelum Dan Sesudah Mendapatkan Edukasi Keuangan
Keywords:
Literasi Keuangan, Edukasi Keuangan, Investasi, Tabungan, Asuransi, KreditAbstract
Literasi keuangan menjadi kompetensi yang penting dimiliki masyarakat karena tingkat literasi keuangan masyarakat dapat menopang pertumbuhan ekonomi, namun berdasarkan data yang dirilis OJK tahun 2022, indeks literasi keuangan Indonesia masih 49,68 % well literate, sisanya pada skala sufficient dan less literate. Kurangnya literasi keuangan menjadi masalah di lingkungan pendidikan pesantren salah satunya di pondok pesantren Roudlotun Nafiyah Pasuruan, sehingga perlu adanya edukasi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbandingan literasi keuangan santri pondok pesantren roudlotun nafiyah pasuruan, sebelum dan sesudah mendapatkan edukasi keuangan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan alat analisi SPSS 26, peneliti memberikan pre test kepada 40 santri mahasiswa di pondok pesantren Roudlotun Nafiyah Pasuruan, kemudian dilanjut edukasi keuangan tentang literasi keuangan dengan empat indikator yaitu pengetahuan umum keuangan pribadi, tabungan dan pinjaman, asuransi dan investasi, hasil edukasi keuangan diukur dengan post test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan santri mahasiswa di pondok pesantren Roudlotun Nafiyah Pasuruan sebelum diberikan edukasi keuangan adalah rendah dan indeks less literate, kemudian setelah diberikan edukasi keuangan tingkat literasi keuangan tetap rendah tapi, indeks sufficient literate. Berdasarkan uji beda t-test, terdapat perbedaan yang signifikan literasi keuangan santri mahasiswa di pondok pesantren Roudlotun Nafiyah Pasuruan sebelum dan sesudah diberikan edukasi keuangan.
Downloads
References
Alfin Shalahuddinta. (2014). PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, PENGALAMAN BEKERJA DAN PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP LITERASI KEUANGAN. 1–10.
Arianti, B. F. (2020). LITERASI KEUANGAN MELALUI KEPUTUSAN BERINVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING THE EFFECT INCOME AND FINANCIAL BEHAVIOR ON FINANCIAL LITERACY. 10(1), 13–36.
Beal, D. J., & Delpachitra, S. B. (2003). FINANCIAL LITERACY AMONG AUSTRALIAN UNIVERSITY STUDENTS. 22(1), 65–78.
Chen, H. (2021). An Analysis of Personal Financial Literacy Among College An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students. 0810(April). https://doi.org/10.1016/S1057-0810(99)80006-7
Departemen Agama RI. (2003). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Gitman. (2015). Principles of Management Finance (12th Editi). Boston: Pearson Education, Inc.
Kalangan, D. I., Dan, M., Krishna, A., Sos, S., Rofaida, R., Si, M., Sari, M., & Mm, S. E. (2010). ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN ( Survey pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia ). November, 8–10.
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. 9(1), 131–139.
Literasi, I., Komposit, K., Literasi, I., Konvensional, K., Literasi, I., & Syariah, K. (2019). Sumber : Otoritas Jasa Keuangan 2019.
Lomi, S. S., Heronimus, L., & Kelen, S. (2021). Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha. 3.
Nasir, R. (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren Ditengah Arus Perubahan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Ridloah, S. (2010). Faktor Penentu Struktur Modal (Vol. 1, Issue 2, pp. 144–153).
Setiawati, R. A., & Ardyanfitri, H. (2023). PkM Pelatihan Literasi Keuangan untuk Meningkatkan Kompetensi Diri Santri di Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya Menurut data pada Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. 4(2), 155–167. https://doi.org/10.33650/guyub.v4i2.6384
Voipe, R. P., Chen, H., & Pavlicko, J. J. (1996). Personal Investment Literacy Among College Students : A Survey. 1987, 86–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riska Ayu Setiawati; Helmina Ardyanfitri, Nurul Hidayatinnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.