Keputusan Pembelian Kembali Produk Sociolla: Ditinjau dari Keadilan Harga, Risiko dan Nilai Yang Dirasakan

Authors

  • Azizah Ayu Risfani fakultas ekonomi bisnis, universitas hayam wuruk perbanas
  • Aniek Maschudah Ilfitriah universitas hayam wuruk perbanas

DOI:

https://doi.org/10.15642/manova.v7i1.1512

Keywords:

Price fairness; Perceived value; Repurchase intention; Perceived risk

Abstract

Perkembangan industri kecantikan semakin diminati pasar baik merek lokal maupun merek
impor, salah satu gerai kecantikan omnichannel yaitu menggabungkan konsep online dan
offline secara bersama adalah Sociolla. Sociolla salah satu gerai produk kosmetik yang
mulai diminati pasar karena memberikan potongan harga pada produk bundling, flash sale
dan juga extra voucher belanja. Selain memberikan voucher belanja, Sociolla juga
memberikan gratis ongkir dan web Sociolla juga memberikan kemudahan untuk mengatasi
problem yang dimiliki oleh konsumen seperti melacak pesanan dan kemudahan untuk
melakukan transaksi pembayaran melalui dompet digital maupun kartu debit/kredit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh keadilan harga, risiko yang dirasakan
dan nilai yang dirasakan terhadap niat pembelian kembali produk Sociolla. Populasi
penelitian ini adalah konsumen Sociolla di seluruh Indonesia yang sudah pernah membeli
produk Sociolla melalui aplikasi SOCO maupun offline store sedangkan sampel penelitian
ini menggunakan purposive sampling dengan 161 responden konsumen Sociolla yang
pernah membeli produk Sociolla melalui aplikasi SOCO by Sociolla dan offlline store
minimal dua kali pembelian dalam 3 bulan terakhir. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan PLS dalam dua tahap yaitu uji measurement model dan uji structural
model. Hasil penelitian menunjukkan (1) Keadilan harga berpengaruh signifikan positif
terhadap nilai yang dirasakan. (2) Risiko yang dirasakan berpengaruh signifikan positif
terhadap nilai yang dirasakan. (3) Nilai yang dirasakan berpengaruh signifikan positif
terhadap niat pembelian kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrian, I., & Keni. (2023). Pengaruh Food Quality dan Perceived Price Fairness terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediator. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 329–342.

Aprilia, A., & Vidyanata, D. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Perceived Value of Cost terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Fresh.Co. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(1), 49–68.

Bernarto, I., Purwanto, A., & Masman, R. R. (2022). The Effect of Perceived Risk, Brand Image and Perceived Price Fairness on Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen, 26(1), 35–50.

Centauri, P., & Rahmawati, I. (2021). Pengaruh Perceived Value terhadap Kepuasan Konsumen Carne Smoked BBQ Bandung. E-Proceeding of Management, 8(5), 4681–4693.

Dharmawan, C. T., & Jaolis, F. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Perceived Quality, dan After Sales Service terhadap Repurchase Intention: Studi Kasus Toko Morojoyo Toys. Jurnal Strategi Pemasaran, 8(1), 12.

Fausta, M. F., Anderson, P., & Risqiani, R. (2023). Pengaruh Customer Experience, Customer Satisfaction, terhadap Repurchase Intention pada Restoran Cepat Saji. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(1), 1–9.

Haruna.(2023).TweetfromX.X. https://twitter.com/naishix6/status/1715209371821724027?t=5U0lWAZPCXztE2BnKF994w&s=19 diakses pada tanggal 20 oktober 2023

iPrice.(2019).TheMapofEcommerceinIndonesia.IPrice.https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/ diakses pada April 2019

Miao, M., Jalees, T., Zaman, S. I., Khan, S., Hanif, N. ul A., & Javed, M. K. (2022). The influence of e-customer satisfaction, e-trust and perceived value on consumer’s repurchase intention in B2C e-commerce segment. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 34(10), 2184–2206. https://doi.org/10.1108/APJML-03-2021-0221

Mulyati, Y., & Martavega, W. A. (2022). Perilaku Konsumen Berbelanja Online di Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Padang: Kajian Pada Perceived Risk Terhadap Purchase Intention dan Perceived Value sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 24(2), 468–485.

Pardede, C. R., Lapian, S. L. H. V. J., & Pandowo, M. (2018). The Influence of Perceived Value and Trust on Repurchase Intention in Shopee Online Shopping. Jurnal EMBA, 6(1), 331–340.

Rara, R. (2021). Lagi Cari Produk Tapi Takut Abal-Abal? Yuk, Intip Brand Skin Care Lokal Terbaru yang Tersertifikasi BPOM Ini! Beauty Journal. https://journal.sociolla.com/beauty/brand-skin-care-lokal-terbaru-bpom diakses pada tanggal 10 juni 2021

REGLOWIN. (2023). ESQA FLAWLESS POWDER FOUNDATION / COMPACT POWDER ESQA / ORIGINAL 100%. Shopee. https://shopee.co.id/product/169393237/11399440034?d_id=2465c&utm_content=3SugAXSMBjNmQDHXcFe4jMJthXpK

Salsabila, H. Z., Susanto, & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Online pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87–96.

Siewanto, A., & Marchyta, N. K. (2022). Pengaruh Service Quality dan Price Fairness terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Experience di Café Kopiria Loabakung Samarinda. Agora, 10(2), 1–11.

Sociolla. (2023). A’Pieu Coffee Milk Pack Sheet Mask. Sociolla. https://www.sociolla.com/sheet-mask/23623-coffee-milk-one-pack?_branch_match_id=1206815571872597733&_branch_referrer=H4sIAAAAAAAAA8soKSkottLXL85PzszPyUnUSywo0MvJzMvWtygpyCg0KDCucEoCAG95ljglAAAA diakses pada tanggal 10 agustus 2023

Sociolla. (2023). ESQA - Flawless Powder Foundation. Sociolla. https://www.sociolla.com/pressed-powder/53048-flawless-powder-foundation?_branch_match_id=1245537102713789221&utm_source=AppDeeplink&utm_medium=AppSharing&_branch_referrer=H4sIAAAAAAAAA8soKSkottLXL85PzszPyUnUSywo0MvJzMvWDzJOMzH2SHTJdU0CAM9M%2BeElAAAA

Solling, R., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT. Inkubator Penulis Indonesia (Institut Penulis Indonesia).

Tohar, M. A., & Wibawanto, S. (2020). Pengaruh Price Fairness terhadap Perceived Value dan Satisfaction pada Makanan Lokal Kebumen. Universitas Putra Bangsa.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Risfani, A. A., & Ilfitriah, A. M. (2024). Keputusan Pembelian Kembali Produk Sociolla: Ditinjau dari Keadilan Harga, Risiko dan Nilai Yang Dirasakan. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 7(1), 17–32. https://doi.org/10.15642/manova.v7i1.1512

Issue

Section

Articles