Pengaruh Halal Awareness dan Advertising Terhadap Minat Pembelian Fashion Muslim pada E-Commerce Tokopedia Melalui Persepsi Konsumen Mahasiswa di Kota Surabaya Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Fitriani Wijaya Putri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Hanafi Adi Putranto UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/manova.v7i1.1619

Keywords:

Advertising, halal awareness, minat pembelian, dan persepsi konsumen

Abstract

Perkembangan fashion muslim secara global telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Semakin banyak masyarakat yang aware mengenai potensi pasar yang besar di kalangan konsumen muslim. Indonesia telah mendapatkan pengakuan dan menduduki peringkat ke 3 di sektor modest fashion dan berdiri sebagai pemimpin global dalam industri halal. Fokus pengembangan industri halal di Indonesia melibatkan analisis awareness terhadap produk halal, strategi promosi dan periklanan yang digunakan serta persepsi konsumen terhadap fashion muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal awareness dan advertising terhadap minat pembelian fashion muslim pada Tokopedia melalui persepsi konsumen sebagai variable intervening. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan datanya.Penelitian ini memiliki variabel intervening, maka harus dilakukan analisis jalur dengan menggunakan uji sobel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 138 responden yang diperoleh dengan metode simple random sampling. Penelitian ini diolah menggunakan software Eviews 10 dengan metode analisis regresi berganda dan uji jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa halal awareness dan advertising masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian dan persepsi konsumen. Sedangkan variable persepsi konsumen juga berpengaruh positif terhadap minat pembelian fashion muslim di Tokopedia. Hasil uji sobel juga menujukkan bahwa persepsi konsumen mampu memediasi hubungan antara halal awareness dan advertising dengan minat pembelian sehingga secara tidak langsung mempengaruhi variable halal awareness dan advertising terhadap minat pembelian fashion muslim pada Tokopedia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilliani, A. N., & Hasanah, N. (2022). Pengaruh Halal Awareness dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia di Indonesia. Posiding SNAM PNJ.

Austianti, R., Pandriadi, Nussifera, L., Wahyudi, & Angelianawati, L. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (N. P. Gatriyani & N. Mayasari (Eds.); Cetakan Pe). Tohar Media.

Fachruddin, M. R. I., & Anwar, M. K. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Kesadaran Halal Teradap Minat Beli Produk Fashion pada Era New Normal di Surabaya. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (EMBISS), 03(01), 1–10.

Widyaningrum, P. W., Ekonomi, F., & Ponorogo, U. M. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai mediasi. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(02), 75–97.

Witi, F. L. (2021). Membangun E-Commerce: Teori, Strategi dan Implementasi. Amerta Media.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Putri, F. W., & Adi Putranto, H. (2024). Pengaruh Halal Awareness dan Advertising Terhadap Minat Pembelian Fashion Muslim pada E-Commerce Tokopedia Melalui Persepsi Konsumen Mahasiswa di Kota Surabaya Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 7(1), 33–47. https://doi.org/10.15642/manova.v7i1.1619

Issue

Section

Articles