Konsep Santripreneur dan Kemadirian Pesantren: Studi Komparasi PP Al-Azhar Banyuwangi dan PP Mukmin Mandiri Sidoarjo) The Concept of Santripreneurs and Islamic Boarding School Independence: Comparative Study of PP Al-Azhar Banyuwangi and PP Mukmin Mandiri Sidoarjo

Main Article Content

Mochammad Andre Agustianto
Sunarto AS

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana praktek kewirausahaan santri dan kemandirian pesantren PP Al-Azhar Muncar Banyuwangi dan PP Mukmin Mandiri Sidoarjo. Dasar pemilihan lokus penelitian adalah sebab kedua pesantren ini mempunyai kemiripan tentang praktek bisnis di bidang jual beli Kopi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh bersifat primer yang didapat dengan mewawancari pihak pesantren dan observasi di lapangan. Selain itu juga didukung data sekunder dengan menelaah dokumen-dokumen relevan. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa praktek kewirausahaan santri di PP Al-Azhar Muncar Banyuwangi tidak menjadi core aktifitas pendidikan santri sebab produksi dan pemasaran Kopi dilakukan tidak berkala. Kemandirian pesantren PP Al-Azhar Muncar Banyuwangi juga tidak bergantung pada bisnis Kopi sebab keuntungan daro praktek bisnis Kopi tidak diserap untuk kepentingan pesantren melainkan diperuntukkan untuk mendukung aktivitas organisasi santri. Sedangkan praktek kewirausahaan santri di PP Mukmin Mandiri Sidoarjo menjadi core aktifitas santri sebab produksi dan pemasaran kontrinyu dilakukan setiap hari. Kemandirian pesantren juga terbilang cukup mapan dengan adanya bisnis Kopi dan bisnis-bisnis lain yang dilakukan oleh pesantren.


Kata Kunci: Santripreneur, Kemadirian Pesantren, Bisnis Kopi.


 


Abstract: This study aims to discover how students practice entrepreneurship and self-reliance at the Al-Azhar Muncar Islamic boarding school in Banyuwangi and Mukmin Mandiri Sidoarjo. The basis for selecting the research locus is that the two Islamic boarding schools have similarities regarding business practices in the field of buying and selling coffee. The research method used is descriptive qualitative. The data obtained are primary in nature obtained by interviewing the leader of boarding school (Kiai) and field observations. Besides that, it is also supported by secondary data by examining relevant documents. The results of this study show that the entrepreneurship practices of students at Al-Azhar Muncar Banyuwangi are not the core of students' educational activities because the production and marketing of coffee are carried out irregularly. The independence of the Al-Azhar Muncar Banyuwangi Islamic boarding school also does not depend on the coffee business because the profits from coffee business practices are not absorbed for the benefit of the institution of boarding school but are intended to support the activities of the student organization. Meanwhile, the entrepreneurial practice of students at Mukmin Mandiri Sidoarjo is the core of the activities of the students because continuous production and marketing are carried out every day. The independence of the institution is also well established with the existence of the coffee business and other businesses carried out by the institution of boarding school.


Keywords: Santripreneur, Islamic Boarding School Independence, Coffee Business.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Agustianto, Mochammad Andre, and Sunarto AS. “Konsep Santripreneur Dan Kemadirian Pesantren: Studi Komparasi PP Al-Azhar Banyuwangi Dan PP Mukmin Mandiri Sidoarjo): The Concept of Santripreneurs and Islamic Boarding School Independence: Comparative Study of PP Al-Azhar Banyuwangi and PP Mukmin Mandiri Sidoarjo”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 12, no. 2 (February 12, 2023): 176–192. Accessed April 19, 2024. https://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/1273.
Section
Articles

References

Abbas, M. H. I., Sumarsono, H., Satrio, Y. D., & Purboyo, M. (2019). PEMBERDAYAAN SANTRI PONDOK PESANTREN ANWARUL HUDA DI BIDANG EKONOMI KREATIF. 7.

Akbar, R. J., & Syaefullah. (2021, Mei 4). 9 Pesantren Ini Jadi Pilot Project Program Kemandirian Ekonomi. Retrieved September 19, 2021, from https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1370253-9-pesantren-ini-jadi-pilot-project-program-kemandirian-ekonomi?page=all&utm_medium=all-page

Andriyani, Z., Hasan, M. A., & Wulandari, R. A. (2018). Membangun Jiwa Enterpreneurship Santri Melalui Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 18(1), 47.

Chadidjah, S., & Zaqiah, Q. Y. (n.d.). INOVASI KURIKULUM ENTERPRENERSHIP SEBAGAI UPAYA MEMANDIRIKAN SANTRI SECARA EKONOMI (SANTRI PREUNER) DI PESANTREN AL-ITTIFAQ BANDUNG. 10.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Disperindag, T. R. (2021, Juni 29). Geliat Tumbuhnya Industri Olahan Kopi di Jawa Timur. Retrieved September 27, 2021, from disperindag.jatimprov.go.id: https://disperindag.jatimprov.go.id/post/detail?content=geliat-tumbuhnya-industri-olahan-kopi-di-jawa-timur

Fathoni, M. A., & Rohim, A. N. (2019). Peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia. 2, 8.

Rahayu, R. D., & Agustianto, Moh. A. (2020). Analisis Implementasi Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Perspektif Prinsip Ekonomi Syariah. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 1(2), 145–161.

Fahmi, M. (2021, September 8). Ide Bisnis Rengginang Singkong Jadi Juara IndiHome Santripreneur. Retrieved September 22, 2021, from radarbromo.jawapos.com: https://radarbromo.jawapos.com/ekonomi-bisnis/08/09/2021/ide-bisnis-rengginang-singkong-jadi-juara-indihome-santripreneur/

Fatchurrohman, R. (2018). Model Pendidikan Entrepreneurship di Pondok Pesantren. Penelitian Sosial Keagamaan, 12(3), 395–416.

Fauzan, I. (2015). Keputusan pemilihan produk oleh konsumen Studi pada produk kopi Mahkota Raja Blend Do'a di Yayasan Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Glaser, B. G., & Strauss, A. L. (2009). The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. USA: Aldine Transaction.

Hamidah, & Kamaludin, A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU SISWA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP ( CEP ) PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA / MA KELAS X. Jurnal Tadris Kimiya, 2(3), 199–208.

Hidayat, B. (2021, September 21). Direktur Pesantren. (B. Huda, Interviewer)

Huda, B. (2021). Bisnis Ritel Pesantren. Bojonegoro: Abda Publisher.

Khuluqiyah, B. K. (2017). STRATEGI KEMITRAAN "KOPI MAHKOTA RAJA BLEND DO'A" DALAM TINJAUAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DI PT. BERKAT MUKMIN MANDIRI SIDOARJO. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Komara, B. D., Setiawan, H. C., & Kurniawan, A. (2020, Agustus). PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI KEWIRAUSAHAAN DANKEMAMPUAN PENGUATAN KEUNGGULAN PRODUK BERBASISPADA KEARIFAN LOKAL. JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship, 3(2), 15-22.

Kominfo, T. R. (2021, Januari 12). Ditengah Pandemi, Konsumsi Kopi Menggairahkan. Retrieved September 27, 2021, from kominfo.jatimprov.go.id: http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/ditengah-pandemi-konsumsi-kopi-menggairahkan

Lailiyah, N. (2020). STRATEGI BAURAN PEMASARAN KOPI DI YAYAYSAN PESANTREN MUKMIN MANDIRI SIDOARJO. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Masruroh, I. (2017). SEGMENTASI PASAR DAN SALURAN DISTRIBUSI KOPI MAHKOTA RAJA BLEND DOA DI PONDOK PESANTREN MUKMIN MANDIRI WARU SIDOARJO. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Mawardi, I. (2021, April 08). Gerakkan Ekonomi dengan “One Pesantren One Product”. Retrieved September 19, 2021, from https://www.ekonomisyariah.org/12697/gerakkan-ekonomi-dengan-one-pesantren-one-product/

Muhammad, A. (2021, September 14). Luncurkan Santripreneur, Menparekraf Dorong Santri Jadi Wirausaha Digital. Retrieved September 22, 2021, from ekbis.sindonews.com: https://ekbis.sindonews.com/read/540622/34/luncurkan-santripreneur-menparekraf-dorong-santri-jadi-wirausaha-digital-1631621387

Mujib, A. (2017). ANALISIS STRATEGI LAUNCHING PRODUK BARU DENGAN KONSEP ENTREMARKESHIP TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN KOPI MAHKOTA RAJA BLEND DOA YAYASAN PESANTREN MUKMIN MANDIRI SIDOARJO. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Muttaqin, R. (2016). KEMANDIRIAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS PESANTREN (Studi atas Peran Pondok Pesantren Al-Ittifaq Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung terhadap Kemandirian Eknomi Santri dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Sekitarnya). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 1(2), 65.

Rizqiyati, A. (2017). Analisis strategi packaging kopi mahkota raja produksi Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dalam menarik minat beli konsumen. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Setiawan, H. C. (2019). KONTRIBUSI PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN (STUDI PADA PONDOK PESANTREN ENTREPRENEUR MUKMIN MANDIRI, WARU SIDOARJO). Jurnal Riset Entrepreneurship, 2(2).

Solikhah, C. (2021). PENGEMBANGAN EKONOMI DALAM UPAYA KEMANDIRIAN PONDOK PESANTREN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Huda Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas). Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Suharto, B. (2011). Dari Pesantren Untuk Umat: Reiventing Eksistensi Pesantrendi Era Globalisasi. Surabaya: Imtiyaz.

Suherman, E. (2008). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Y., & Bayu, K. (2010). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sulaiman, A. I., Masrukin, M., Chusmeru, C., & Pangestuti, S. (2016). Pemberdayaan Koperasi Pondok Pesantren sebagai Pendidikan Sosial dan Ekonomi Santri. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 109.

Tang, C., Zhao, L., & Zhao, Z. (2018). Child labor in China. China Economic Review, 51, 149–166.Yasmadi, Y. (2005). Modernisasi Pesantren: Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat Press.

Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.