Strategi Pengembangan Fintech Syariah Dengan Pendekatan Business Model Canvas di Indonesia

Authors

  • Maziyah Mazza Basya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rafi Setya Iqbal Pratama Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Iqbal Surya Pratikto Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/oje.2020.4.2.180-196

Keywords:

Fintech syariah, Business Model Canvas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan Fintech syariah dalam menghadapi persaingan bisnis dengan kompetitor lain. Peneliatian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang membahas teori atau mencari referensi yang relevan dengan topik yang di angkat. Peneliti ini menemukan bahwa dalam mengembangkan perusahaan fintech syariah di era disruptif saat ini, harus mempunyai model bisnis yang akan menjadi pondasi dasar dalam menjalankan bisnis berbasis teknologi. Model bisnis tersebut adalah model bisnis kanvas yang memiliki sembilan bagian bangunan, diantaranya: key partnership, key resources, key activities, value proposition, customer segment, customer relationship, channels, cost structure, revenue stream. Namun dalam syariah menambah satu bagian bangunan yaitu syariah compliance. Berdasarkan dari pengelohaan atas pembagian bangunan meemberikan hasil atas strategi pengembangan fintech syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiawati, T. (2019). Perbandingan Business Model Canvas Pada Financial Technology Konvensional Dan Syariah Di Indonesia (Bachelor's thesis, Fakultas ekonomi dan bisnis uin jakarta).

Ansori, M. (2019). “Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Industri Keuangan Syariah Di Jawa Tengah”. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman.

A. Osterwalder and Y. Pigneur, (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers: John Wiley & Sons,

Bank Indonesia. (2016). “Booklet Keuangan Inklusif”. Jakarta, Departmen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM Bank Indonesia

Hartatik, H., & Baroto, T. (2017). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113-120.

Hiyanti, H., Nugroho, L., Sukmadilaga, C., & Fitrijanti, T. (2020). Peluang dan Tantangan Fintech (Financial Technology) Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(3), 326-333.

https://www.danasyariah.id/ https://app.ammana.id/

Mujahidin, M. (2019). Opportunities and Challenges of Sharia Technology Financials in Indonesia.

Setyaningsih, E. D. (2018). Analisis SWOT Implementasi Financial Technology Syariah pada PT Telkom Indonesia. Syiar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking.

Suyanto B dan Sutinah, (2006), Metode Penelitian Sosial, Jakarta : PT Kencana Persada

Wibowo, Budi dan Kusnadi, Irwan, (2016). Analisa Regulasi Fintech Dalam Membangun Perekonomian Di Indonesia,

Wilis, R. K. (2020). Analisis SWOT Teknologi Finansial pada Transformasi Perbankan di Era Digital (Studi Kasus pada Bank X di Jakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Downloads

Published

2020-06-05

How to Cite

Mazza Basya , M., Setya Iqbal Pratama, R., & Iqbal Surya Pratikto, M. (2020). Strategi Pengembangan Fintech Syariah Dengan Pendekatan Business Model Canvas di Indonesia . OECONOMICUS Journal of Economics, 4(2), 180–196. https://doi.org/10.15642/oje.2020.4.2.180-196