Pengaruh Faktor Sosial dan Tingkat Pendidikan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (Muda) Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.15642/oje.2021.5.2.122-132Keywords:
Faktor Sosial, Tingkat Pendidikan, Keputusan NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor sosial meliputi keluarga, kelompok acuan, peran dan status. Sedangkan Tingkat pendidikan meliputi pendidikan formal, non formal dan informal. Keputusan menjadi nasabah dipengaruhi banyak faktor diantaranya faktor sosial dan tingkat pendidikan. Penelitian ini bermaksud menguji pengaruh faktor sosial dan tingkat pendidikan terhadap keputusan nasabah memilih Bmt Mandiri Ukhuwah Persada (Muda) Jatim. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang diolah dengan menggunakan statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial 84,4% sedangkan tingkat pendidikan sebesar 4,7 %. Karena penelitian ini menggunakan standar presentase 5% maka yang berpengaruh hanya tingkat pendidikan.
Downloads
References
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Brosur Baitul Maal Wa Tamwil Mandiri Ukhuwah Persada Jawa Timur (BMT MUDA JATIM)
Budiarti, Rika dkk. (2005). Pengembangan Analisis Multivariate Dengan SPSS 12. Jakarta : Selemba Infotek.
Djarwanto. (1996). Mengenal Beberapa Uji Statistik Dalam Penelitian. Yogyakarta : Liberty.
Ferrinadewi.2004 (dalam Triyani) Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Skripsi pada jurusan manajemen, fakultas ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
Maimunah Hasan. (2012) Pendidikan Anak Usia Dini. (Jogjakarta : Diva Press)
Maria Asti Adhanari. (2005). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada Maharani Handicraft Di Kabupaten Bantul (Skripsi padaJurusan Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang)
Muhammad Ridwan. (2004) Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil (BMT). Yogyakarta: UII Press
Muhammad Rusli. (2014). Pengelolaan Statistik Yang Menyenangkan. Yogyakarta : GRAHA ILMU
Trihendradi, Cornelius. (2005). Step by step SPSS 13 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: ANDI.
Triyani. (2009) Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia (Skripsi pada jurusan manajemen, fakultas ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)”.
Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin. (2010). Islamic Banking. Jakarta: PT Bumi Aksara
Saputro, Wahyu Joko. (2015). Strategi Pengembangan Produk Pembiayaan Murabahah Bait Mal Wa Al-Tamwil Muda Surabaya (Skripsi pada Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis)
Yasri.2012. Analisis Faktor Penentu Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. Volume 1, Nomor 2, September 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Umi Atia Hanik, Taudlikur Afkar, Hapsari Wiji Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.