Analisis Ketahanan Usaha Pengolahan Petis Ikan Sebelum dan Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.15642/oje.2021.6.1.49-57Keywords:
Gross Regional Domestic Product (GRDP), Regency/City Minimum Wage, and Open Unemployment RatAbstract
This study aims to determine the condition of the fish petis processing business before and during the covid-19 pandemic, and to find out the efforts made by fish petis entrepreneurs in surviving the covid-19 pandemic. One way to empathize and maintain communication with customers, with current conditions it is very important to maintain health, can actively inform that this fish petis business is implementing according to government regulations by preventing virus transmission such as spraying disinfectants, checking the body temperature of workers. This is done in order to maintain consumer confidence that this fish paste business can be marketed as before
Downloads
References
Ali Hasan, Marketing Bank Syariah, (Jakarta ; Ghalia Indonesia, 2010), halaman 29
Diah Ayu Kusuma Wardani, Strategi Penjualan Online Bagi Pelaku Usaha Pasca Pandemi Covid-19 Berdasarkan Pemetaan Perubahan Perilaku Konsumen, (Skripsi— Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2020)
Dr. M. Anang Firmansyah, PEMASARAN (Dasar dan Konsep), (Surabaya : Qiara Media, Tahun 2019) halaman 2
Dr. Sandu Siyoto, SKM., M.Kes & M. Ali Sodik, M.A., Dasar Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Literasi Media Publishing,2015) Halaman 75-78
Drs. Salim, M.Pd & Drs. Syahrum, M.Pd, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung
:Citapustaka media, 2012) 114
Dwitya Yonathan & Lasmono Tri Sunaryanto, Strategi Ketahanan Usaha Kopi Babah Kacamata, (Skripsi—Universitas Kristen Satya Wacana, 2019)
Ellen Yuliani Saul, Strategi Bersaing Dan Strategi Bertahan Pada Industri Mikro Dan Kecil Bakpia Pathok Di Kecamatan Ngampilan Yogyakarta Tahun 2015, (Skripsi— Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2015)
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta; CV. Andi Affset, 2018) halaman 3 halaman 7.
Hitt Michael dkk, Manajemen Strategis, (Jakarta ; Airlangga, 1997), halaman 137 https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/usaha diakses 7 Maret 2021
Ida Wahidah dkk, Pandemik Covid-19 : Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarkat dalam Berbagai Upaya Pencegahan. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO) Vol 11 No. 3 , Desember 2020, halaman 183-185
Ilham Akhsanu Ridho, Pandemi Covid-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental Indonesia, INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, halaman 1
Mahyudin Damis, “Strategi Kebertahanan Usaha Warung Kopi Tikala Manado Tinjauan Antropologi”, Holitik, Tahun XI No.21A Januari 2018, Halaman 6
Mia Muliyani Petri, Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19(Studi UMKM Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi), (Skripsi— Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020)
Moh. Nazir, Metode Penelitian (Jakarta : Ghalia Indonesia, 1988) halaman 51.
Muhammad Fitrah Alghozi, Strategi Bertahan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Swot (Studi Kasus Pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Palembang di Kecamatan Kemuning),(Skripsi—Universitas Muhammadiyah Palembang, 2021)
Prof. Dr. Conny R. Semiawan, Metode Penelitian Kualitatif (Jenis Karakteristik dan Keunggulan), (Grasindo)
R Soedijon, Metode Riset Bisnis, (Jakarta : Universitas Gunadarma, 2008) Halaman 78 Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&B (Bandung: Alfabeta: 2016)
halaman 9.
Titik Rahmadiyanti, dkk, Penerapan Kebiasaan Baru Dalam Pencegahan Persebaran Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Melalui Media Sosial, halaman 1&5
Usman Riance Abdi, Metodologi Penelitian : Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi (Bandung: CV Alfabeta, 2009) halaman 245.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Amilia Silfa Istiqhfariyah, Hapsari Wiji Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.