Pengaruh Brand Culture dan Iconic Brand terhadap Keputusan Pembelian pada Kue Dhin Aju Le-Olle Khas Madhure

Authors

  • Inayah Ilahiyyah Universitas Negeri Surabaya
  • Harti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/manova.v5i2.862

Keywords:

Brand culture, Iconic Brand, Keputusan Pembelian, Konsep Marketing

Abstract

Konsep pemasaran sudah mulai difokuskan untuk menarik minat beli konsumen sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi. Hal yang sama dilakukan oleh Anita Bakery Sumenep dalam memanfaatkan peluang bisnis kuliner dengan menghadirkan inovasi produk oleh-oleh khas Madura yang diberi nama “Dhin Aju”. Dengan histori sejarahya Dhin Aju menjadi salah satu brand produk kuliner yang melestarikan kearifan lokal. Selain itu sosok Raden Ayu menjadi icon dari brand produk tersebut. Dalam persepktif lain, brand culture dan iconic brand menjadi media komunikasi pemasaran yang dapat menjadi daya tarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh antara brand culture terhadap keputusan pembelian Kue Dhin Aju, apakah ada pengaruh antara iconic brand terhadap keputusan pembelian Kue Dhin Aju serta apakah keduanya yakni brand culture dan iconic brand berpengaruh terhadap keputusan pembelian Kue Dhin Aju. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan asosiatif melalui 119 responden. Sedangkan untuk Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka kemudia menarik kesimpulan dari pengujian tersebut dengan pengujian asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, variabel brand culture (X1) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Kue Dhin Aju. Kedua, variabel iconic brand (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Kue Dhin Aju. Ketiga, brand culture (X1) dan iconic brand (X2) memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsan, A. F., & Lukmandono. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Anita Family Bakery Sumenep. 35–42.

Arniati, N., Budianto, A., & Setianingsih, W. (2020). Pengaruh Utility Atribut Dan Logo Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi Pada Dealer Bahana Motor Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(4).

Banerjee, S. (2008). Strategic Brand-Culture Fit: A conceptual framework for brand management. Journal of Brand Management, 15, 312 – 321.

Candraningrum, D. A. (2018). The Culture of Drinking Coffee as a Brand Culture Communication on Belitung Island. 120–128.

Chigora, F., & Mutambara, E. (2019). Branding culture: The missing link between top level managers and general employees in Zimbabwe’s Small to Medium Tourism Enterprises. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(4).

Damiati, Masdarini, L., Suriani, M., Adnyawati, Ni Desak Made Cok, Istri Raka Marsiti Ketut, W., & Angendari, M. D. (2017). Perilaku konsumen. Rajawali Pers.

Ekarina. (2020). Survei KIC: 87% Konsumen Lebih Suka Belanja Merek Dalam Negeri. Katadata.Com. https://katadata.co.id/ekarina/brand/5f97832e74050/survei-kic-87-konsumen-lebih-suka-belanja-merek-dalam-negeri

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Heding, T., Knudtzen, C. F., & Bjerre, M. (2009). Brand Management Brand Management: Research, Theory and Practice.

Holt, D. B. (2004). How Brands Become Icons: The Principles of Cultural Branding. Harvard Business School.

Jailani, A. S. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Region Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Cak Cuk Di Surabaya. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(1).

Klimchuk, R. M. (2007). Desain Kemasan : Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Larry A, S., Porter, R. E., & Edwin, R. M. (2010). Communication Between Cultures. 9th Ed. Cengage Learning.

Mike, M. (2008). United We Brand; Menciptakan Merek Kohesif yang Dilihat, Didengar, dan Diingat. Esensi Erlangga.

Parsons, E., & Maclaran, P. (2019). Contemporary Issues in Marketing and Consumer Behaviour. Elsevier Ltd.

Philip, K., & Armstrong, G. (2016). Principles Of Marketing (14th ed.). Prentice-Hall Published.

Pongsakornrungsilp, S., Pongsakornrungsilp, P., Pusaksrikit, T., & Wichasin, P. (2021). Co-Creating a Sustainable Regional Brand from Multiple Sub-Brands: The Andaman Tourism Cluster of Thailand. Sustainability 2021, 13.

Surianto, R. (2009). Mendesain Logo. PT Gramedia Utama Pustaka.

Susilowati, I. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Brawijaya Istana Oleh-Oleh Kota Batu). Universitas Islam Malang.

Wells, W., Burnett, J., & Moriarty, S. (1998). Advertising : Principles and Practice. Prentice Hall.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.

Zaini. (2018, November 11). Launching Oleh Oleh Khas Madura Paling Enak dan Terbaru di Tahun 2018. Suaraindonesianews.Com. https://suaraindonesia-news.com/launching-oleh-oleh-khas-madura-paling-enak-dan-terbaru-di-tahun-2018/

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Ilahiyyah, I., & Harti. (2022). Pengaruh Brand Culture dan Iconic Brand terhadap Keputusan Pembelian pada Kue Dhin Aju Le-Olle Khas Madhure. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 5(2), 28–45. https://doi.org/10.15642/manova.v5i2.862

Issue

Section

Articles