Cash Waqf Linked Social Entrepreneur

Main Article Content

Novi Febriyanti
A. Fikri Amiruddin Ihsani

Abstract

Al-Khaibar minimarket’s one of development results of cash waqf linked social entrepreneur from productive waqf management inpatient rooms of the Very Important Person (VIP) class at Hospital of UNISMA Malang. The purpose of this study was to determine management and development of productive waqf through Al-Khaibar minimarket business at the UNISMA foundation and distribution of benefits at productive waqf management through Al-Khaibar minimarket business at the UNISMA foundation. The research method used descriptive qualitative using a sociological and empirical approach. Researcher took object of research at State Islamic University of Malang (UNISMA) related to management of cash waqf linked social entrepreneurs. The results of this study prove that productive waqf management used in accordance with George R Terry’s theory namely planning, organizing, actuating and controlling. While distribution of benefits at productive waqf management is from net profits, 20%-30% is distributed to mauquf ‘alaih, 10% for nadzir in accordance with Law of Waqf No. 41 of 2004 paragraph 12 and 60%-70% for development of waqf.


Key Words: productive waqf; social entrepreneur; minimarket.


 


Abstrak: Minimarket Al-Khaibar adalah salah satu hasil pengembangan cash waqf linked social entrepreneur dari ruang rawat inap kelas VIP di Rumah Sakit UNISMA Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan manajemen pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif melalui bisnis minimarket Al-Khaibar di Yayasan UNISMA serta distribusi hasil manfaat wakaf produktif melalui bisnis minimarket Al-Khaibar di Yayasan UNISMA. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologis dan empiris. Peneliti mengambil objek penelitian di Universitas Islam Malang (UNISMA) terkait cash waqf linked social entrepreneur. Hasil penelitian membuktikan bahwa manajemen pengelolaan wakaf produktif yang digunakan sesuai dengan teori George R Terry yaitu planning, organizing, actuating dan controlling. Sementara distribusi hasil manfaat wakaf produktif adalah dari laba bersih, 20%-30% didistribusikan ke mauquf ‘alaih, 10% untuk nadzir yang sesuai dengan UU Wakaf No. 41 Tahun 2004 Pasal 12 dan 60%-70% untuk pengembangan wakaf.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Febriyanti, Novi, and A. Fikri Amiruddin Ihsani. “Cash Waqf Linked Social Entrepreneur”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 10, no. 1 (May 20, 2020): 1–21. Accessed April 26, 2024. https://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/267.
Section
Articles

References

Abdullah, Muhammad Abid. Hukum Wakaf. Jakarta: Dompet Dhuafa Republika, 2004.

Achsan Djauhari, Manajer, Wawancara, (Malang, 09 Januari 2020).

Achmad Zawawi Mochtar. Ketua Nadzir. Wawancara. (Malang, 9 Januari 2020).

Badan Pusat Statistik Kota Malang. (2019). Profil Kemiskinan di Kota Malang Tahun 2019 dalam https://malangkota.bps.go.id/pressrelease/2020/01/02/212/profil- kemiskinan-kota-malang--maret-2019.html, diakses pada 28 Desember 2019.

Bahron. Guru Madin Masjid Besar Rois Dahlan sebagai mauquf ‘alaih. Wawancara. (Malang, 9 Januari 2020).

Barry (Al), Partanto dan Dahlan. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Arkol, 1994.

Chaudhry, Muhammad Syarif. Sistem Ekonomi Islam: Prinsip Dasar. Jakarta: Kencana, 2016.

Chusnul Faizah. Sekretaris Administrasi. Wawancara. (Malang, 9 Januari 2020).

Djunaidi, Achmad Thobieb Al Asyhar. Menuju Era Wakaf Produktif. Depok: Mumtaz Publishing, 2007.

Departemen Agama RI. Al-Quran Special for Muslimah. Jakarta: Cordoba, 2016.

Direktorat Pemberdayaan Wakaf, Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam. Strategi Pengembangan Wakaf Tunai di Indonesia, Jakarta: Departemen RI, 2007.

Fahmi, Nurfaqih, Muhammad Isnan dan Rizqi Anfanni. Social Entrepreneur (Kewirausahaan Sosial) dalam Perspektif Ekonomi Islam. Working Paper Keuangan Publik Islam. No. 8, Seri 1, (2018).

Kahf, Munzir. Al-Waqf Al-Isl?my: Ta?awwuruhu, Id?ratuhu, Wa Tanmiyyatuhu. Beir?t: D?r al Fikr, 2005.

Lubis, Suhrawardi K. Wakaf & Pemberdayaan Umat. Jakarta: Sinar Grafika, 2010.

Mahfud, Sahl. Nuansa Fiqh Sosial. Yogyakarta: LKiS, 2004.

Maskuri Bakri. Imam Masjid Besar Rois Dahlan sebagai mauquf ‘alaih. Wawancara. (Malang, 9 Januari 2020)

Muhammad Muhdlor. Team Leader. Wawancara. (Malang, 09 Januari 2020).

Muslim, Imam Abi al Husain Muslim bin al-Hujjaj. Al-Jami’ al-Shahih al-Mushamma Shahih Muslim. Juz 3. Semarang: Toha Putra, 2004.

Muzarie, Mukhlisin. Hukum Perwakafan dan Implikasinya Terhadap kesejahteraan Masyarakat (Impelementasi Wakaf di Pondok Modern Darussalam Gontor). Jakarta: Kementerian Agama RI, 2010.

Sholihah , Ellen Kurnia Sari dan Fatmah Fatmah, “Pengaruh Potensi, Persepsi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat Muslim Surabaya Terhadap Wakaf Uang dengan Sikap sebagai Variabel Intervening” dalam eL-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) Vol. 7 No. 1 (2017)

Soekanto, Soerjono. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press, 1986.

Soenggono, Bambang. Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1997.

Sofia, Irma Paramita. Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) SebagaiGagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya. Vol. 2, No. 1, (2015).

Soni A, Hery Wibowo dan Nulhaqim. Kewirausahaan Sosial: Merevolusi Pola Pikir dan Menginisiasi Mitra Pembangunan Kontemporer. Bandung: UNPAD Press, 2015.

Sudirman. Total Quality Management TQM untuk Wakaf. Malang: UIN Maliki Press, 2013.

Sukarna. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju, 2011.

Terry, George R. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Usman, Rachmadi. Hukum Perwakafan di Indnesia. Jakarta: Sinar Grafika, 2013.

Wildana, Manzilati, Muhammad Dandy Alif, Asfi. ?ablum minall?h dan ?ablumminann?s dari Zakah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol. 2 No. 2, 47, (2013).

Zuhaili (Az), Wahbah. Fiqh Islam Wa Adillatuhu. Jakarta: Gema Insani, 2011.