PENGARUH POTENSI, PERSEPSI, PREFERENSI DAN PERILAKU MASYARAKAT MUSLIM SURABAYA TERHADAP WAKAF UANG DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Main Article Content

Ellen Kurnia Sari Sholihah
Fatmah Fatmah

Abstract

Wakaf tunai di Indonesia memiliki potensi besar untuk di gali dan di kembangkan menjadi sebuah solusi dalam rangka memberdayalam ekonomi rakyat. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah memberikan informasi tentang potensi pengembangan wakaf uang yang didasarkan pada analisis potenis demografi dan ekonomi. penelitian ini juga menganalisis bagaimana pola persepsi, preferensi dan perilaku masyarakat terhadap wakaf uang. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 349 masyarakat muslim Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan potensi wakaf uang masyarakat muslim Surabaya sangat tinggi berdasarkan indikator demografi dan ekonomi. pola preferensi masyarakat dalam memilih wakaf uang didasarkan pada pertimbangan keuntungan relatif, eterbukaan informasi, kompatibilitas, kompleksitas dan triabilitas. Pemenuhan terhadap indikator preferensi tersebut menyebabkan terbentuknya perilaku positif masyarakat muslim Surabaya yang siap menerima wakaf uang dalam tataran konsep maupun praktik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sholihah, Ellen Kurnia Sari, and Fatmah Fatmah. “PENGARUH POTENSI, PERSEPSI, PREFERENSI DAN PERILAKU MASYARAKAT MUSLIM SURABAYA TERHADAP WAKAF UANG DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING”. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB) 7, no. 1 (April 25, 2017): 1327–1343. Accessed February 6, 2023. http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/97.
Section
Articles
Author Biographies

Ellen Kurnia Sari Sholihah, UIN Sunan Ampel

Operating Sales PT FAC Sekuritas

Fatmah Fatmah, UIN Sunan Ampel Surabaya

Dosen Pascasarja Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya